Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Yakult untuk Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Apa Itu Yakult?

Yakult adalah minuman probiotik yang dihasilkan dari fermentasi susu dan gula. Yakult telah hadir di Indonesia sejak tahun 90-an. Minuman ini berasal dari Jepang dengan merek ‘Jahurto’ yang berarti yoghurt.

Yakult mengandung bakteri ‘baik’ bernama Lactobacillus casei shirota strain dalam jumlah yang sangat banyak, yaitu lebih dari 6,5 miliar per botol. Lactobacillus casei shirota strain ini hidup di dalam usus dan berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan serta menghambat perkembangan bakteri jahat.

Manfaat Yakult bagi Kesehatan Tubuh

Sebagai minuman kesehatan, Yakult memiliki beberapa manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Berikut ini manfaat Yakult untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh membutuhkan sistem kekebalan tubuh (imun) yang kuat untuk melawan bakteri atau virus penyebab penyakit.

Kandungan bakteri ‘baik’ pada Yakult dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan bakteri jahat atau virus sebelum mereka menginfeksi tubuh.

Jika Anda terkena penyakit, minum Yakult dapat membantu dalam proses penyembuhan. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman probiotik ini.

2. Menyehatkan Usus

Usus adalah organ pencernaan utama yang harus dijaga kesehatannya. Kandungan bakteri ‘baik’ pada Yakult dapat mencegah dan mengatasi gangguan pada usus akibat infeksi bakteri.

Minum Yakult setiap hari dapat menambah jumlah bakteri ‘baik’ di dalam usus dan memukul mundur bakteri ‘jahat’ yang menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Mengatasi Sakit Lambung (Maag)

Yakult dapat mengatasi maag secara alami karena kandungan bakteri ‘baik’ di dalamnya. Minum Yakult secara rutin juga dapat mencegah terjadinya penyakit lambung.

4. Mengobati Perut Kembung

Yakult memiliki manfaat dalam pengobatan perut kembung. Sifat probiotik pada Yakult dapat mencegah dan mengatasi reaksi alami tubuh terhadap makanan berlemak.

5. Menurunkan Kadar Lemak pada Tubuh

Rajin mengonsumsi Yakult secara rutin dapat membantu menurunkan kadar lemak pada tubuh karena sifat probiotiknya yang efektif mengikat lemak dan mencegah penumpukan lemak.

6. Menurunkan Kolesterol

Yakult dapat membantu mengontrol kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) pada tubuh. Namun, manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

7. Mencegah Eksim

Bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang terkandung dalam Yakult dapat mencegah terjadinya eksim, penyakit kulit yang mengganggu dan mengurangi estetika kulit.

8. Detoks Alami

Yakult dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang melimpah di setiap botol Yakult berperan dalam detoks tubuh secara alami.

9. Menghindari Penyakit Kronis

Yakult dapat mencegah risiko serangan penyakit kronis dengan merawat sistem pencernaan. Masalah pada sistem pencernaan dapat menjadi awal dari timbulnya penyakit lain yang menyerang organ tubuh.

10. Membantu Ibu Hamil Ketika Buang Air Besar (BAB)

Minum Yakult dapat membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil sehingga ibu hamil tidak perlu mengejan saat buang air besar.

11. Memperbanyak Jumlah Bakteri ‘Baik’ pada Usus

Yakult dapat menambah jumlah bakteri ‘baik’ (L. casei shirota strain) di dalam usus sehingga menjaga kesehatan usus.

Itulah informasi mengenai manfaat minum Yakult setiap hari yang perlu Anda ketahui. Meskipun ada klaim bahwa minuman probiotik seperti Yakult belum terbukti secara kuat dapat menyehatkan usus, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi minuman ini. Semoga bermanfaat!

About The Author

Emotional Numbness: Gejala, Penyebab, dan Perawatan

10 Layanan dan Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS