Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Cara Menghindari Pergaulan Bebas, Sebelum Terlambat!

Myles Bannister

Di era di mana pergaulan bebas semakin tidak terkontrol, mengetahui cara menghindari pergaulan bebas menjadi sangat penting. Hal ini utamanya berlaku bagi anak remaja sebagai kelompok usia yang paling rentan terjerumus ke dalam pergaulan bebas tersebut, pun tak lupa para orang tua. Mengingat dampak pergaulan bebas sangat berbahaya, mari simak informasi berikut ini guna meningkatkan kewaspadaan.

Apa Itu Pergaulan Bebas?

Pergaulan bebas umumnya diasosiasikan sebagai suatu sikap atau tindakan yang melebihi batas nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Pada lingkup sosial dan budaya Indonesia, pergaulan bebas merujuk pada tindakan seperti seks pranikah, konsumsi narkoba, dan konsumsi alkohol.

Remaja adalah golongan usia yang berpotensi menerapkan gaya hidup bebas, terutama dalam seks pranikah. Survey yang dilakukan Center for Diseases Control and Prevention pada tahun 2011 menemukan sekitar 33 persen remaja AS pernah melakukan hubungan seks pranikah. Gejolak muda yang ditandai dengan tingginya rasa ingin tahu alias ‘penasaran’ menjadi alasan mengapa remaja mudah sekali untuk masuk ke dalam pergaulan bebas.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas (Panduan Orang Tua ke Anak)

Mayoritas anak-anak yang terjerumus ke lembah pergaulan bebas disebabkan oleh kurangnya pengawasan dan perhatian dari orang tuanya. Oleh sebab itu, merupakan suatu kewajiban bagi para orang tua untuk senantiasa mengawasi putra dan putrinya agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak sesuai norma dan merugikan dirinya sendiri.

Berikut adalah panduan cara menghindari pergaulan bebas yang dapat Anda terapkan pada anak.

1. Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Anak

Komunikasi adalah kunci utama di segala aspek relasi sosial, termasuk antara orang tua dengan anak. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak juga menjadi cara mencegah pergaulan bebas.

Sesibuk apa pun diri Anda dan sang buah hati dengan urusan masing-masing, usahakan meluangkan waktu bersama guna menjaga komunikasi tetap berjalan baik. Anda bisa menanyakan kegiatan anak di sekolah, dengan siapa ia bermain, dan sebagainya.

Pastikan untuk membangun suasana pembicaraan yang cair alih-alih kaku apalagi intimidatif. Hal ini agar anak bisa benar-benar terbuka dengan Anda. Setelah itu, berikan pengertian kepadanya tentang pergaulan bebas beserta dampak negatifnya.

2. Awasi Pergaulan Anak Sehari-hari

Cara menghindari pergaulan bebas pada anak selanjutnya adalah mengawasi pergaulannya sehari-hari.

Bukan bermaksud mengekang atau membatasi, Anda hanya perlu mengawasi dengan siapa ia bermain. Anda bisa menjalin relasi dengan teman-teman sepermainan anak agar pengawasan menjadi lebih efektif.

3. Edukasi Seks Sejak Dini

Usia remaja adalah masa di mana seorang anak mulai penasaran dengan seksualitas. Memberikan edukasi tentang seks kepada anak adalah cara mencegah pergaulan bebas. Jangan anggap seks sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan kepada anak-anak.

Pendidikan seks sejak dini penting untuk membantu anak memahami cara menjaga kesehatan organ reproduksi dan mencegah pelecehan seksual.

4. Mendorong Anak Mengembangkan Minat & Bakat

Pergaulan bebas bisa dipicu oleh kurangnya aktivitas yang dilakukan anak. Mendorong anak untuk mengisi waktu dengan hal-hal positif seperti mengembangkan minat dan bakat dapat menghindari pergaulan bebas.

5. Buat Aturan di Rumah

Membuat aturan di rumah menjadi cara menghindari pergaulan bebas lainnya. Pastikan aturan yang dibuat tidak terkesan otoriter dan mengekang kebebasan anak.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas (Untuk Anak Remaja)

Pengawasan dan perhatian orang tua dalam mencegah pergaulan bebas akan sia-sia jika anak sendiri tidak memiliki niat dan usaha untuk menghindari pergaulan bebas tersebut.

Berikut adalah tips atau cara menghindari pergaulan bebas bagi para remaja calon pemimpin Bangsa.

1. Mengetahui Bahaya Pergaulan Bebas

Mengetahui bahaya pergaulan bebas menjadi cara menghindari pergaulan bebas yang efektif. Pergaulan bebas hanya akan membawa kerugian pada diri sendiri seperti kehamilan yang tidak diinginkan, kecanduan narkoba dan alkohol, terjerat hukum pidana, dan masa depan terganggu.

2. Melakukan Kegiatan Positif

Melakukan kegiatan positif juga dapat mencegah pergaulan bebas. Anda bisa mengalihkan keinginan negatif dengan olahraga, bermain musik, atau memperdalam agama.

3. Berani Menolak

Jangan ragu untuk mengatakan tidak apabila teman-teman hendak melakukan aktivitas negatif seperti mengonsumsi alkohol, narkoba, atau seks bebas. Menolak adalah cara untuk menghindari pergaulan bebas yang berpotensi merugikan diri sendiri. Masa depan ada pada diri sendiri.

Itulah beberapa cara menghindari pergaulan bebas. Semoga bermanfaat!

Referensi

Referensi

About The Author

11 Cara Meningkatkan Gairah Seksual Wanita secara Alami

6 Penyebab Nyeri Tulang Rusuk dan Cara Mengatasinya