Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makan Telur Setiap Hari Mencegah Diabetes?

Myles Bannister

Telur memiliki manfaat bagi kesehatan termasuk mencegah diabetes. Bagaimana klaim ini bisa dijelaskan? Temukan penjelasannya di bawah.

Telur dan Penyakit Diabetes

Telur mengandung lutein, kolin, dan potasium. Lutein bermanfaat untuk mata dan jantung. Kolin dikenal baik untuk otak, sementara potasium menjaga keseimbangan sodium tubuh.

Telur juga mengandung biotin yang merangsang produksi insulin. American Diabetes Association merekomendasikan mengonsumsi telur karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Total nutrisi dalam satu butir telur (50 gram) adalah:

  • 78 kalori.
  • 5 gram lemak.
  • 62 gram sodium.
  • 0 gram serat.
  • 0,5 gram gula.
  • 6 gram protein.
  • 147 mg kolin.
  • 0,6 karbohidrat.

Kandungan karbohidrat yang rendah dalam telur tidak menaikkan gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur sebagai sarapan dapat mengontrol kadar gula darah sepanjang hari. Kadar glukosa partisipan penelitian tetap stabil selama 24 jam dengan lonjakan gula darah yang lebih rendah.

Mengonsumsi telur sebagai menu diet harian dapat mencegah diabetes.

Meski sehat, telur mengandung kalori dan lemak, dan konsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit termasuk diabetes.

Makan tidak lebih dari 1 butir telur per hari atau 4-5 telur per minggu disarankan.

Cara Mencegah Diabetes Lainnya

Berikut adalah gaya hidup mencegah diabetes:

1. Tidur Cukup

Kekurangan tidur dapat meningkatkan gula darah akibat gangguan hormon insulin.

2. Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan seimbang dengan serat dari sayur dan buah-buahan serta mengurangi makanan tinggi gula dan lemak seperti junk food dan minuman manis.

3. Olahraga Rutin

Olahraga menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal dan mencegah obesitas.

4. Hindari Merokok dan Minuman Beralkohol

Merokok merusak pankreas yang memproduksi insulin, dan minuman beralkohol dapat memiliki efek yang sama jika dikonsumsi berlebihan.

5. Cek Gula Darah Secara Rutin

Lakukan pengecekan gula darah setidaknya setahun sekali untuk pedoman gaya hidup sehat.

Referensi

  1. Frey, Malia.2022. Egg Nutrition Facts and Health Benefits . https://www.verywellfit.com/hard-boiled-egg-calories-and-fat-3495628 . (Diakses pada 19 Desember 2022)
  2. Migala, Jessica. 2022. The Ultimate Guide to Eggs: What’s in Them, Why They’re Good for You, and How to Prepare Them . https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/eggs-health-benefits-nutrition-calories-more/ . (Diakses pada 19 Desember 2022)
  3. Roland, James. 2022. Can You Eat Eggs If You Have Diabetes? . https://www.healthline.com/health/diabetes/eggs . (Diakses pada 19 Desember 2022)
  4. Stines, Yvelette.2021. Can You Eat Eggs if You Have Diabetes? . https://www.verywellhealth.com/eggs-and-diabetes-5112859 . (Diakses pada 19 Desember 2022)

About The Author

Apakah Bau Spidol Berbahaya bagi Kesehatan?

10 Manfaat Nasi Jagung, Pengganti Nasi Putih yang Menyehatkan