Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makan Pisang Lebih dari 6 Buah Bisa Berbahaya?

Myles Bannister

Dampak Makan Pisang Lebih dari 6 Buah

Pisang adalah salah satu buah yang populer di berbagai belahan dunia. Tak hanya rasanya yang enak dan mengenyangkan, pisang juga kaya serat, vitamin, dan mineral. Banyak orang menjalankan program diet dengan mengonsumsi pisang karena diyakini bisa menurunkan berat badan.

Beberapa orang mengkhawatirkan makan pisang lebih dari enam buah dalam sehari akan menyebabkan asupan potasium berlebihan, yang berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan Catherine Collins dari St George’s Hospital, London, Inggris menjelaskan bahwa potasium penting untuk menjaga fungsi sel tubuh, mengendalikan denyut jantung, mengatur tekanan darah, dan mengatur kadar gula darah dengan memproduksi hormon insulin.

Jika kadar potasium di dalam tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi, dapat berdampak pada tidak teraturnya denyut jantung serta munculnya gejala seperti sakit perut, mual, muntah, dan diare.

Potasium yang Berlebihan Bisa Berbahaya?

Anggapan bahwa makan pisang berlebihan bisa membunuh seseorang berasal dari penggunaan potasium klorida oleh penegak hukum di Amerika Serikat sebagai bahan suntikan untuk hukuman mati. Namun, hampir tidak mungkin seseorang yang sehat mengalami overdosis potasium.

Collins menjelaskan bahwa jika kita makan sekitar 400 pisang dalam sehari, kadar potasium dalam tubuh akan meningkat secara drastis, yang dapat berhenti berdetak. Jadi, pisang bukanlah buah yang berbahaya dan sebenarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Adakah Batasan Makan Pisang?

UK’s National Health Service menyatakan bahwa orang dewasa membutuhkan sekitar 3.500 mg potasium per hari. Setiap pisang ukuran sedang mengandung sekitar 450 mg potasium. Jadi, makan 7 buah pisang sudah cukup memenuhi kebutuhan harian potasium.

Bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit ginjal, mereka harus berhati-hati dalam mengonsumsi pisang karena kadar potasium dalam darah mereka cenderung lebih tinggi dari normal. Mereka juga sebaiknya membatasi konsumsi tomat karena sayuran ini juga tinggi kandungan potasium.

Dalam kondisi sehat, tak perlu ragu lagi untuk makan pisang karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sumber:

  1. Rhodes, David. 2015. Can eating more than six bananas at once kill you?. bbc.com/news/magazine-34225517. (Diakses pada 16 September 2019).

About The Author

Benzodiazepin: Fungsi, Efek Samping, Dosis, dan Lainnya

Penderita Diabetes Ingin Makan Telur, Kenali Aturannya