Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makan Pisang di Malam Hari Bisa Bikin Tidur Nyenyak?

Myles Bannister

Manfaat Pisang bagi Kualitas Tidur

Sebagian besar orang mengonsumsi pisang di pagi hari karena cocok untuk sarapan. Ada juga yang menganggap pisang sebagai camilan di antara waktu makan. Pakar kesehatan merekomendasikan makan pisang di malam hari sebelum tidur.

Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral yang tinggi di dalamnya. Mineral adalah asam amino yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Pisang juga mengandung potasium yang membuat otot menjadi lebih rileks sehingga mudah tidur nyenyak.

Pisang berukuran besar mengandung sekitar 487 mg potasium atau sekitar 10 persen kebutuhan harian tubuh. Pisang juga mengandung magnesium sekitar 37 mg atau sekitar 12 persen kebutuhan manusia dewasa. Kandungan-kandungan ini memberikan efek layaknya obat tidur.

Pisang juga mengandung triptofan, sejenis asam amino yang membuat tidur lebih cepat. Kandungan ini meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat tubuh dan pikiran lebih nyenyak serta hormon melatonin yang membuat mengantuk meningkat.

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Pineal Research, orang dewasa yang makan pisang mengalami peningkatan kadar hormon melatonin dalam waktu dua jam. Hal ini membuat mereka lebih mengantuk dan mudah terlelap.

Konsumsi pisang diikuti dengan susu hangat juga membuat mudah mengantuk dan tidur lebih nyenyak. Karena alasan inilah sebaiknya rutin makan pisang di malam hari untuk meningkatkan kualitas tidur.

Berbagai Manfaat Pisang Lainnya bagi Kesehatan

Pakar kesehatan menyebut beberapa manfaat kesehatan dari makan pisang.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

Bisa Mengatasi Hipertensi

Pisang mengandung kalium yang menjaga tekanan darah. Hal ini karena kemampuan pisang dalam mengendalikan cairan tubuh dan elektrolit. Kalium juga mencegah penumpukan plak di pembuluh darah yang memicu hipertensi dan kolesterol tinggi.

Memperbaiki Laju Metabolisme

Rutin makan pisang tinggi serat memperbaiki laju pencernaan dan sistem pencernaan. Fungsi buang air besar menjadi lebih mudah dan menjaga berat badan tetap ideal.

Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menguat

Pisang mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini mencegah infeksi dan penyakit.

Membuat Kinerja Otak Semakin Membaik

Pisang mengandung potasium yang meningkatkan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Otak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang cukup sehingga fungsinya membaik.

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi di dalam pisang sangat tinggi. Hal ini membantu mencegah atau mengatasi masalah anemia.

Sumber:

  1. 2018. Khasiat dan Manfaat Pisang. p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/khasiat-dan-manfaat-pisang. (Diakses pada 20 Oktober 2019).

About The Author

5 Jenis Pelecehan Seksual, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Insomnia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan, dll