Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Tips Efektif Merawat Kulit Sensitif Bayi

Myles Bannister

Kulit bayi lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Biasanya, bayi dengan kulit sensitif akan mengalami gejala seperti ruam di lipatan kulit, gatal-gatal, dan bentol-bentol yang membuatnya rewel. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk merawat kulit sensitif pada bayi.

Tips Merawat Kulit Sensitif Bayi

Kulit bayi secara alami lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Bayi membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga kulitnya dapat mengembangkan lapisan pelindung alami dari minyak dan air, yang disebut lapisan hidrolipid kulit.

Kulit bayi rentan terhadap alergi dan iritasi akibat paparan sinar UV, suhu ekstrem, polusi, gesekan, perubahan iklim, dan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Gejala kulit sensitif pada bayi biasanya berupa ruam, bentol-bentol, biang keringat, lecet, kulit kering, dan rasa panas yang bisa membuat bayi rewel. Tentunya sebagai orang tua, kita tidak ingin melihat bayi kita mengalami gejala kulit sensitif tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kulit sensitif pada bayi:

1. Pilih Produk Popok yang Tepat

Ruam popok sering terjadi pada bayi, yang disebabkan oleh iritasi kulit akibat penggunaan popok yang tidak tepat atau terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan ruam, gatal, dan lecet di area pinggang, lipatan kaki, selangkangan, atau bokong bayi.

Pilihlah produk popok yang terbuat dari bahan lembut, mudah menyerap, dan cepat kering. Bersihkan kulit bayi sebelum mengganti popok, dan gunakan juga krim khusus untuk ruam popok jika diperlukan.

Gantilah popok bayi setiap 4 jam atau lebih sering jika popok terasa penuh sebelum 4 jam, untuk mengurangi risiko ruam popok dan membuat bayi tetap nyaman.

2. Gunakan Bahan Pakaian yang Lembut

Gejala kulit sensitif pada bayi dapat terjadi akibat gesekan kulit dengan bahan pakaian, selimut, handuk, kain, alas kasur, atau karpet yang kasar.

Pilihlah bahan pakaian yang lembut, adem, mudah menyerap keringat, longgar, dan nyaman untuk bayi. Contohnya adalah kain katun, rajutan halus, atau bulu-bulu. Hal ini akan membantu mencegah kulit sensitif pada bayi akibat bahan iritan atau iritasi kontak.

3. Batasi Paparan Sinar Matahari

Salah satu cara merawat kulit sensitif bayi adalah dengan mengurangi paparan sinar matahari langsung pada si Kecil, terutama di siang hari. Paparan sinar UV dapat membuat kulit bayi menjadi merah, gatal, atau bahkan terbakar.

Jika bayi Anda berusia kurang dari 6 bulan, pastikan untuk melindungi kulitnya dengan pakaian tertutup—termasuk topi dan celana panjang—ketika berada di luar ruangan.

Jika bayi Anda berusia lebih dari 6 bulan, Anda dapat menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 yang khusus untuk anak-anak. Pastikan tabir surya tersebut mengandung titanium dioxide atau zinc oxide, yang dianggap lebih aman untuk bayi.

4. Bersihkan Lingkungan

Bahan-bahan iritan seperti debu, kotoran, asap, atau bulu hewan dapat memicu gejala kulit sensitif pada bayi. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan kamar bayi dan semua sudut rumah agar terbebas dari bahan-bahan tersebut dan bayi tetap nyaman.

5. Memandikan Bayi dengan Benar

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memandikan bayi dengan kulit sensitif:

  • Gunakan air hangat saat memandikan bayi.
  • Batasi durasi mandi menjadi 5-10 menit saja, jangan terlalu lama.
  • Pilihlah sabun yang cocok untuk kulit sensitif bayi, yang memiliki kandungan ringan.
  • Jika bayi belum bisa merangkak, cukup basuh badannya dengan menggunakan washcloth/lap basah.
  • Keringkan tubuh bayi dengan lembut menggunakan handuk setelah mandi.

6. Gunakan Pelembap

Salah satu cara mengatasi kulit sensitif pada bayi adalah dengan mengoleskan pelembap khusus bayi dua kali sehari, terutama setelah mandi. Pastikan pelembap yang digunakan memiliki formula yang lembut, memiliki aroma yang menenangkan, hypoallergenic, dan telah teruji secara dermatologi.

7. Hati-Hati Memilih Produk Rumah Tangga

Kulit sensitif pada bayi juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk rumah tangga yang bersifat iritan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih produk rumah tangga:

  • Gunakan pembersih/pelembut pakaian dan produk pencuci alat makan khusus bayi.
  • Pilih produk yang tidak mengandung detergen, pewangi, atau bahan kimia keras.
  • Gunakan pembersih lantai, karpet, atau kain yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika mungkin, hindarilah penggunaan produk rumah tangga yang dapat menyebabkan alergi atau iritasi pada bayi.

8. Pilih Produk Perawatan Bayi yang Tepat

Ketika memilih produk perawatan kulit untuk bayi, pastikan untuk tidak sembarang memilih produk. Hindari produk dengan bahan-bahan berikut:

  • Sabun dan sampo yang keras.
  • Pewarna sintetis.
  • Air yang mengandung klorin.
  • Parfum.
  • Deterjen.
  • Alkohol.
  • Bahan kimia sintetis berbahaya lainnya.

Carilah produk perawatan bayi yang aman dengan kriteria sebagai berikut:

  • Terdapat bahan-bahan alami.
  • Telah teruji secara dermatologi.
  • Dapat digunakan khusus untuk bayi.
  • Mempunyai label persetujuan untuk kulit sensitif, kulit kering, atau eksim.
  • Hypoallergenic.
  • No Added Soap.
  • Formula yang tidak menyebabkan mata perih.

Salah satu produk yang direkomendasikan untuk bayi dengan kulit sensitif adalah rangkaian produk bayi dari Aveeno. Produk-produk ini mengandung bahan alami, terutama colloidal oatmeal, yang dapat melembapkan, menutrisi, dan merawat kulit bayi dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk untuk kulit sensitif pada bayi:

  • Aveeno Baby Wash & Shampoo: Sabun bayi khusus untuk kulit sensitif, yang berfungsi sebagai pembersih kulit dan sampo dalam satu produk. Produk ini lembut, tidak menyebabkan mata perih, mengandung bahan alami oat, dan aman digunakan setiap hari.
  • Aveeno Baby Daily Moisture Lotion: Produk ini efektif dalam melembapkan kulit bayi hingga 24 jam. Dapat membantu mengatasi kulit kering, membuat kulit bayi lebih lembut, terhidrasi, dan sehat. Produk ini mengandung oatmeal alami yang menenangkan.

Selain itu, ada juga produk perawatan kulit sensitif untuk orang dewasa seperti:

  • Aveeno Skin Relief Body Wash: Mengandung oatmeal yang menenangkan dan bahan emolien untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Produk ini bebas dari pewangi, pemutih, sabun, atau pewarna tambahan. Cocok untuk kulit kering, kulit sangat kering, dan kulit sensitif.
  • Aveeno Daily Moisturizer Lotion: Mengandung colloidal oatmeal untuk melembapkan kulit hingga 24 jam. Produk ini tidak mengandung alkohol, pewangi, pewarna, dan bahan kimia keras. Dapat membuat kulit halus, terhidrasi, cantik, dan sehat. Cocok untuk kulit normal, kering, atau sensitif.

Produk-produk tersebut telah teruji secara dermatologi dan memiliki izin BPOM. Anda dapat membeli produk Aveeno dan produk perawatan kulit bayi lainnya di apotek online Farmaku.com. Nikmati diskon setiap hari untuk semua kebutuhan bayi Anda.

Demikianlah pembahasan tentang cara merawat kulit sensitif pada bayi. Selalu jaga kesehatan kulit si Kecil dengan menggunakan produk yang terbaik!

Referensi

  • Dr. Leah Alexander, MD, FAAP. 2018. Tips for Babies with Sensitive Skin. [URL]. (Diakses pada 19 November 2021).
  • Goldman, Rena. 2017. Baby Acne or Rash? 5 Types and How to Treat Them. [URL]. (Diakses pada 19 November 2021).
  • WebMD Medical Reference. 2021. Taking Care of Baby’s Sensitive Skin. [URL]. (Diakses pada 19 November 2021).

About The Author

Pellagra: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, Pencegahan, dll

Perut Begah Saat Buka Puasa? Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya