Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya

Myles Bannister

Minyak rosehip memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui. Minyak ini mengandung sumber antioksidan yang kuat untuk mengatasi gangguan kulit. Ketahui manfaat minyak rosehip, kandungan, efek samping, dan cara menggunakannya.

Apa Itu Minyak Rosehip?

Minyak rosehip adalah minyak esensial dari biji buah rosehip. Rosehip adalah bagian buah dari bunga mawar liar yang bernama Rosa canina. Minyak ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang kuat. Berbagai kandungan tersebut efektif untuk mengatasi gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, hingga peradangan. Banyak produsen kosmetik memproduksi produk kecantikan dengan bahan dasar minyak rosehip, seperti pembersih wajah dan penghapus make up.

Kandungan Rosehip Oil

Minyak rosehip mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang bagus untuk kulit. Berikut beberapa kandungannya:

  • Vitamin A (retinol)
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Asam lemak esensial
  • Asam linoleat
  • Antioksidan
  • Efek antiinflamasi
  • Efek anti penuaan dini
  • Antibakteri
  • Antivirus
  • Antijamur
  • Likopen
  • Betakaroten
  • Polifenol
  • Antosianin

Minyak rosehip memiliki potensi manfaat untuk kulit dan kecantikan. Minyak ini juga mengandung asam lemak esensial untuk memelihara kesehatan kulit dan mengatasi masalah kulit.

Manfaat Rosehip Oil untuk Kecantikan

Berbagai produk kecantikan menggunakan rosehip oil untuk pembersih wajah, pelembap, dan penghapus make up. Apa saja manfaat rosehip oil?

1. Melembapkan Wajah

Rosehip mengandung asam lemak esensial, mineral, dan vitamin C untuk membantu melembapkan kulit. Berdasarkan penelitian, rosehip dan beberapa minyak esensial lainnya memiliki potensi untuk mengatasi kulit kering.

2. Menghidrasi Kulit

Kulit bisa saja kurang terhidrasi karena pengaruh cuaca, faktor usia, dan lingkungan. Anda dapat menggunakan rosehip oil untuk menghidrasi kulit. Minyak ini mengandung asam lemak esensial yang dapat membuat kulit jadi lembut, sehat, dan kenyal.

3. Membersihkan Bekas Luka

Rosehip oil dapat mengatasi bekas luka dan garis-garis halus di wajah. Minyak ini mengandung antioksidan dan asam lemak esensial untuk meregenerasi kulit mati dan membantu mengatasi bekas luka atau bintik-bintik hitam.

4. Mengatasi Paparan Sinar UV

Rosehip oil memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Kombinasi vitamin ini berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan kulit dan kulit terbakar akibat paparan sinar UV.

5. Membantu Mengurangi Hiperpigmentasi

Rosehip oil memiliki kandungan vitamin A, likopen, beta karoten, dan retinol yang bersifat sebagai pencerah kulit alami. Minyak ini dapat mengurangi hiperpigmentasi dan bercak-bercak di kulit.

6. Merawat Kulit Berjerawat

Minyak rosehip mengandung retinoid yang bermanfaat untuk merawat kulit berjerawat dan mencegah jerawat. Retinoid juga mengurangi peradangan kulit dan mencegah penyumbatan folikel rambut penyebab jerawat.

7. Mengatasi Keriput

Rosehip oil mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antiinflamasi yang berperan sebagai agen anti penuaan alami. Minyak ini dapat memperbaiki kerusakan kulit dan membuat kulit Anda terlihat lebih muda.

8. Mencerahkan Kulit

Rosehip oil adalah sumber vitamin C yang kuat. Minyak ini dapat mencerahkan kulit dan mengatasi kerusakan kulit, termasuk kulit kusam, penuaan dini, keriput, dan noda hitam.

9. Meningkatkan Kolagen pada Kulit

Vitamin A, vitamin C, dan kolagen pada rosehip oil membentuk protein yang penting untuk kesehatan kulit. Minyak ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh untuk membuat kulit Anda lebih sehat.

10. Mengatasi Peradangan Kulit

Minyak rosehip mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi untuk mengatasi peradangan kulit, iritasi, rosacea, psoriasis, eksim, dan infeksi kulit.

11. Menghapus Make Up

Minyak rosehip dapat digunakan sebagai penghapus make up alami. Minyak ini tidak membuat kulit Anda kering atau alergi. Minyak rosehip juga bisa membersihkan make up tahan air seperti maskara dan eyeliner.

Cara Menggunakan Rosehip Oil

Anda dapat mengoleskan sedikit minyak rosehip ke tangan terlebih dahulu untuk membantu melembapkan kulit. Periksa apakah ada tanda-tanda alergi setelah 24 jam atau lebih. Bila tidak ada gejala alergi, Anda dapat menggunakan minyak rosehip dua kali sehari atau mencampurnya dengan minyak esensial lain. Simpan minyak rosehip di tempat yang sejuk, gelap, atau di lemari es untuk mencegah bau tengik.

Efek Samping Rosehip Oil

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan rosehip oil adalah reaksi alergi kulit, kulit merah, gatal, dan bengkak. Apabila Anda menggunakannya untuk pertama kalinya, coba terlebih dahulu di kulit tangan untuk memastikan tidak ada reaksi alergi. Meskipun aman untuk jenis kulit apapun, ada kemungkinan terjadi reaksi alergi pada beberapa individu.

Sumber: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/rosehip-oil-for-face

About The Author

Syringoma: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil dan Efek Sampingnya