Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

8 Cara Meningkatkan Hormon Progesteron Wanita

Myles Bannister

Kekurangan hormon progesteron dapat mengganggu kesehatan wanita, terutama siklus haid dan kehamilan. Penting untuk menjaga kadar hormon tetap seimbang. Berikut cara meningkatkan hormon progesteron:

Penyebab dan Efek Hormon Progesteron Rendah pada Wanita

Wanita dengan hormon progesteron rendah rentan mengalami menstruasi tidak teratur. Pada wanita hamil, hormon progesteron rendah dapat menyebabkan kehamilan ektopik yang berakibat pada keguguran atau kematian janin.

Penyebab hormon progesteron rendah meliputi menopause, kurang aktivitas dan nutrisi yang sehat, peningkatan hormon estrogen, resistensi insulin, pengobatan tertentu, dan masalah ovarium.

Cara Alami Meningkatkan Hormon Progesteron

Beberapa obat dapat membantu meningkatkan kadar progesteron. Namun, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat memengaruhi kadar hormon dan secara tidak langsung membantu meningkatkan fungsi menstruasi dan produksi progesteron.

Berikut ini cara alami meningkatkan hormon progesteron:

1. Mengonsumsi Suplemen Herbal

Beberapa orang mengklaim bahwa suplemen herbal seperti chasteberry dan minyak evening primrose bisa membantu meningkatkan kadar hormon progesteron. Namun, belum ada bukti yang cukup untuk mendukung klaim ini.

2. Mengurangi Stres

Stres yang berlebihan dapat memengaruhi ovarium dan hormon seks pada wanita. Mengelola stres dengan cara yang sehat seperti bermeditasi, berolahraga, teknik pernapasan, dan membuat jurnal dapat membantu menjaga keseimbangan hormon.

3. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memengaruhi ovulasi, kesuburan, dan produksi hormon progesteron. Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu menjaga keseimbangan hormon.

4. Mengonsumsi Lemak Sehat

Mengonsumsi lemak sehat seperti lemak tak jenuh ganda dapat meningkatkan produksi progesteron dan mengurangi anovulasi. Sumber lemak sehat termasuk alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan minyak zaitun.

5. Tidur Teratur

Tidur yang cukup dan berkualitas baik untuk keseimbangan hormon. Orang dewasa disarankan tidur selama 7-9 jam setiap malam.

6. Rajin Olahraga

Aktivitas fisik teratur dapat mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan produksi progesteron. Beberapa jenis aktivitas fisik yang disarankan adalah berjalan, joging, bersepeda, yoga, dan renang.

7. Kurangi Kafein

Kafein dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon progesteron. Mengurangi asupan kafein dapat membantu meningkatkan produksi progesteron secara alami.

8. Konsumsi Makanan Sumber Zinc

Zinc membantu menjaga kesehatan sistem reproduksi. Makanan sumber zinc termasuk daging merah, daging ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sebelum mencoba cara-cara ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang dosis yang tepat untuk Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Cole, Will. Tanpa Tahun. Your Go-To Guide To Increasing Progesterone Levels, Naturally. https://drwillcole.com/hormone-health/increase-progesterone-naturally (Diakses pada 5 Juli 2023)
  2. Galan, Nicole. 2023. Can you treat low progesterone levels naturally?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321919#functions (Diakses pada 5 Juli 2023)
  3. Nall, Rachel. 2023. How to Naturally Increase Your Progesterone Levels. https://www.healthline.com/health/natural-progesterone (Diakses pada 5 Juli 2023)

About The Author

Trazodone: Fungsi, Efek Samping, Dosis, dll

Sindrom Iritasi Usus Besar: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan