Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Maag Kronis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Myles Bannister

Maag kronis atau gastritis kronis adalah penyakit lambung berbahaya bagi keselamatan jiwa. Penyakit ini ditandai dengan rasa tidak nyaman pada lambung. Berbeda dengan maag akut, maag kronis muncul secara perlahan dan berlangsung lebih lama. Maag akut sering disebabkan oleh obat-obatan antiinflamasi nonsteroid (OAINS), sementara maag kronis sering disebabkan oleh penyakit autoimun dan bakteri Helicobacter pylori.

Gejala Maag Kronis

Gejala maag kronis meliputi sering mual, ingin muntah atau sering muntah, sakit perut, nyeri perut saat puasa atau setelah makan, sensasi terbakar di perut, perut terasa penuh dan kembung, sering bersendawa, hilang selera makan, penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya, muntah darah, dan feses berwarna hitam karena pendarahan di saluran cerna.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami gejala maag kronis yang parah, gejala berlangsung lebih dari seminggu, atau tidak merespons perawatan atau perubahan gaya hidup. Pendarahan internal juga memerlukan pertolongan medis segera. Tanda-tanda perdarahan internal meliputi pusing, kelemahan, pucat, tinja hitam dan kering, BAB berdarah, muntah darah, kesulitan bernapas atau menelan, kebingungan, pingsan.

Penyebab Maag Kronis

Penyebab maag kronis antara lain penyakit autoimun lambung, bakteri Helicobacter pylori, obat antiinflamasi nonsteroid, dan alkohol. Faktor risiko lainnya termasuk makanan yang mengandung tinggi garam, lemak, dan minyak, alkohol jangka panjang, merokok, penggunaan kokain, kelemahan sistem kekebalan tubuh, penggunaan obat maag jangka panjang.

Diagnosis Maag Kronis

Diagnosis maag kronis melalui riwayat medis, pemeriksaan fisik, tes bakteri Helicobacter pylori, dan gastroskopi.

Jenis Maag Kronis

Maag kronis terbagi menjadi tipe A, tipe B, dan tipe C. Maag kronis tipe A disebabkan oleh penyakit autoimun. Maag kronis tipe B disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Maag kronis tipe C disebabkan oleh iritasi lambung akibat obat antiinflamasi nonsteroid dan alkohol.

Pengobatan Maag Kronis

Tergantung pada jenis maag kronis, pengobatannya meliputi mengonsumsi suplemen defisiensi zat besi dan vitamin B12 untuk maag kronis tipe A, pengobatan obat kombinasi antibiotik dan antasid untuk maag kronis tipe B, dan menjaga pola diet dan gaya hidup sehat untuk maag kronis tipe C.

Komplikasi Maag Kronis

Komplikasi maag kronis yang parah atau tidak diobati meliputi tukak lambung, kekurangan zat besi dan vitamin B12, pertumbuhan perut abnormal seperti polip dan tumor.

Pencegahan Maag Kronis

Langkah-langkah pencegahan maag kronis meliputi menerapkan pola makan yang sehat, mengendalikan stres, menghindari alkohol, obat-obatan antiinflamasi nonsteroid, dan makanan yang tinggi garam, lemak, dan minyak.

Referensi:

  1. Chitra Badii, et.al. 2016. Chronic Gastritis. (sumber)
  2. Huizen, Jennifer. 2018. What are the causes and symptoms of chronic gastritis?. (sumber)
  3. US National Institute of Health. Chronic Gastritis. (sumber)

About The Author

Mengenal Double Toning: Perbedaan Exfoliating dan Hydrating Toner

Aricept – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping