Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Ciri-Ciri Kecanduan Rokok dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Jaga kewaspadaan jika Anda baru merokok atau beberapa minggu melakukannya. Kenali ciri-ciri kecanduan rokok dan pahami cara mengatasi agar organ tubuh tetap sehat dan risiko kanker rendah.

Ciri-ciri kecanduan rokok yang sering dialami

Kecanduan rokok membuat orang sulit berhenti, seperti orang yang kecanduan narkoba. Berikut ciri-ciri kecanduan rokok yang umum terjadi.

Susah mengendalikan keinginan untuk merokok

Salah satu tanda kecanduan adalah susah mengendalikan keinginan. Tak ada yang mampu mencegah keinginan untuk merokok, bahkan diri sendiri. Bahkan saat berada di kantor, seseorang akan mencari waktu untuk merokok.

Keinginan yang terlalu kuat ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Bahkan tanpa rokok, seseorang dapat merasa lemas.

Nafsu makan yang berlebihan

Jika kecanduan nikotin tidak segera terpenuhi, seseorang akan kehilangan kendali diri. Mereka akan makan apa saja untuk menghindari rasa pahit atau asam. Nafsu makan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kegemukan.

Gangguan tidur

Kecanduan yang parah tanpa nikotin dapat mengganggu tidur. Kesulitan untuk tidur muncul karena hasrat untuk merokok yang tinggi. Sebaliknya, merokok dapat membuat seseorang lebih terjaga dan susah tidur.

Perubahan mood yang berlebihan

Kecanduan nikotin yang parah mempengaruhi mood seseorang. Kondisi ini membuat orang yang kecanduan mudah marah atau murung karena perubahan kadar nikotin yang drastis.

Batuk yang muncul berkali-kali

Orang yang berusaha berhenti merokok biasanya mengalami batuk yang sering muncul. Meski ini merupakan tanda penyembuhan paru-paru, batuk yang kuat dapat terjadi.

Sering mengalami sembelit

Satu dari enam orang yang berhenti merokok mendadak mengalami sembelit. Kondisi ini muncul selama 1-2 minggu sebelum kembali normal.

Jika Anda berencana berhenti merokok perlahan, disarankan untuk memperbanyak asupan air putih dan serat.

Susah berkonsentrasi

Merokok atau kecanduan nikotin dapat mengganggu konsentrasi. Kondisi ini dapat membuat satu susah berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Konsentrasi yang terganggu dapat mempengaruhi kinerja di lingkungan kerja.

Kondisi ini juga cenderung terjadi jika seseorang bekerja di ruangan yang dingin. Konsentrasi menurun karena tidak bisa merokok.

Cara berhenti merokok yang mudah dilakukan

Jika Anda ingin berhenti merokok, tak perlu melakukannya secara sembarangan. Kecanduannya bisa sangat besar dan mengganggu. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan.

Rutin lakukan sikat gigi

Rutin sikat gigi setiap hari, terutama saat Anda mulai tidak tahan ingin merokok. Mulut yang sering terpapar asap rokok akan berbau dan mengandung nikotin. Hal ini akan memicu keinginan merokok terus muncul. Selain itu, napas menjadi segar dan Anda lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Tidak berhenti mendadak

Jangan berhenti merokok mendadak. Hal ini dapat menyebabkan pusing dan tidak nyaman. Berhenti merokok dengan cara mengurangi konsumsi rokok perlahan-lahan adalah cara yang lebih baik.

Hindari pemicu ingin merokok

Hindari hal-hal yang memicu keinginan untuk merokok. Beberapa pemicu umum termasuk minum kopi atau berada di ruangan yang dingin.

Coba lakukan aktivitas lain jika ingin merokok. Misalnya, berolahraga secara rutin atau mengejar hobi lainnya.

Lingkungan yang kondusif

Berada di lingkungan yang tidak merokok dapat membantu mengatasi kecanduan. Jika berada di lingkungan yang merokok, keinginan untuk merokok kembali biasanya akan muncul. Tetap bergaul dengan siapa saja tetapi perhatikan keinginan untuk berhenti merokok.

Kuatkan niat berhenti

Kuatkan niat untuk berhenti merokok. Misalnya, berhenti merokok untuk menjaga kesehatan atau melindungi orang lain dari dampak rokok. Beberapa orang berhenti merokok karena ingin hamil atau memiliki anak sehingga tidak boleh ada asap rokok di rumah.

Dengan niat yang kuat dan dukungan dari orang di sekitar, kecanduan merokok dapat diatasi dengan mudah.

Demikian beberapa cara mengatasi kecanduan merokok yang efektif dan tips agar Anda bisa berhenti merokok. Coba temukan informasi baru dan program berhenti merokok yang belum Anda ketahui dari ulasan-ulasan di atas. Semoga bermanfaat dalam perjuangan melawan kecanduan merokok.

Demikian beberapa cara mengatasi kecanduan merokok yang efektif dan tips agar Anda bisa berhenti merokok. Coba temukan informasi baru dan program berhenti merokok yang belum Anda ketahui dari ulasan-ulasan di atas. Semoga bermanfaat dalam perjuangan melawan kecanduan merokok.

About The Author

Apa Rasanya Alergi Terhadap Orgasme Diri Sendiri?

Memahami Perbedaan Baby Blues dan Depresi Postpartum Lebih Dalam