Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Rahang Bawah Maju: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Rahang bawah maju atau underbite adalah kondisi gigi bawah yang menjulur keluar lebih jauh dari gigi depan atas. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang dapat mengganggu penampilan wajah bagi sebagian orang. Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi rahang bawah maju!

Penyebab Rahang Bawah Maju

Underbite disebabkan oleh faktor yang dapat mengganggu penampilan dan juga menyebabkan kesulitan menggigit, mengunyah, berbicara, serta sakit mulut dan wajah. Ada beberapa penyebab rahang bawah maju:

1. Genetik (Keturunan)

Penyebab pasti underbite adalah predisposisi genetik alias diturunkan dari keluarga. Seseorang lebih berisiko mengembangkannya jika memiliki salah satu anggota keluarga dengan underbite. Genetik juga dapat menggariskan bentuk dan ukuran rahang dan gigi pada seseorang. Kondisi bawaan lain yang dapat menyebabkan underbite meliputi akromegali, geroderma osteodysplastica, nevoid basal cell carcinoma, Rabson-Mendenhall syndrome, severe Binder syndrome, sindrom Rabson-Mendenhall, dan Treacher Collins syndrome. Seseorang mungkin terlahir dengan kondisi gigi yang sangat berdekatan, bentuk tidak normal, atau gigi tidak pas satu sama lain.

2. Kebiasaan Buruk Masa Kecil

Beberapa kebiasaan buruk masa kecil dapat meningkatkan risiko mengembangkan posisi gigi bawah dan atas yang tidak sejajar, yang juga dapat menyebabkan underbite. Beberapa kebiasaan buruk masa kecil yang menyebabkan rahang bawah maju termasuk menggunakan empeng di atas usia 3 tahun, pemberian susu menggunakan botol hingga usia sekolah, mengisap jempol, dan mendorong gigi dengan lidah. Kebiasaan buruk ini lebih mudah diperbaiki karena hanya gigi yang harus disejajarkan dan bukan seluruh rahang, tetapi orang tua perlu memerhatikan kebiasaan bayi.

3. Cedera

Cedera parah pada wajah dapat menyebabkan underbite karena memengaruhi bentuk tulang rahang secara permanen. Meski cedera seperti tulang rahang patah dapat diperbaiki, rahang mungkin tidak kembali seperti semula setelah operasi.

4. Bibir Sumbing

Cacat seperti bibir sumbing atau langit-langit sumbing dapat menyebabkan maloklusi dan biasanya mengalami underbite.

5. Tumor

Pertumbuhan tumor pada tulang rahang atau mulut dapat menyebabkan rahang bawah tampak menonjol. Kondisi ini dapat menyebabkan underbite. Tumor kanker atau tumor jinak sel basal nevoid merupakan penyebabnya.

Cara Mengatasi Rahang Bawah Maju

Posisi dan susunan gigi yang tidak sejajar biasanya memerlukan pengobatan tergantung pada keparahan underbite. Berikut ini sejumlah cara mengatasi rahang bawah maju:

1. Menjaga Kebersihan Gigi

Orang yang memiliki underbite harus merawat gigi secara khusus untuk mencegah kerusakan dan pembusukan lebih lanjut. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit dengan pasta gigi yang mengandung fluorida. Perhatikan cara menyikat di sepanjang garis gusi dan pada bagian dalam, luar, dan belakang mulut. Pastikan juga membersihkan gigi dengan benang. Periksakan gigi setidaknya dua kali setahun ke dokter gigi.

2. Memasang Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi merupakan pilihan yang baik untuk mengatasi rahang bawah maju pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Selama menggunakan kawat gigi, kunjungi ortodontis setiap empat hingga delapan minggu sampai kawat gigi dilepas. Biasanya, kawat gigi dipakai selama 18 bulan sampai 3 tahun.

3. Memasang Headgear

Cara mengatasi underbite dapat menggunakan reverse pull face mask atau headgear. Alat ini dipasang pada kawat gigi atau penahan menggunakan karet gelang untuk menarik gigi atas ke posisi yang benar dengan tumpuan pada dahi dan dagu. Headgear harus digunakan secara disiplin sepanjang hari atau setiap malam untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Memasang Ekspansi Rahang

Penggunaan alat pembesar rahang dapat membantu rahang ke bentuk yang benar. Alat ini dipasang pada gigi belakang dan secara bertahap mendorong gigi keluar dan memperluas langit-langit. Perawatan ini tidak terlihat kecuali tertawa atau menguap dan biasanya dilakukan pada anak-anak.

5. Pencabutan Gigi

Cara mengatasi rahang bawah maju bisa dengan pencabutan gigi untuk mengurangi kepadatan gigi berlebih yang menyebabkan rahang maju. Pencabutan gigi juga membantu penggunaan kawat gigi berfungsi secara efektif karena dapat menggeser gigi ke ruang kosong bekas pencabutan gigi.

6. Operasi

Jika kondisi underbite parah atau pasien lansia, operasi rahang dalam kombinasi dengan perawatan ortodontik bisa menjadi pilihan. Operasi rahang dapat memperbaiki posisi rahang atas dan bawah sehingga membuat Anda bisa mengunyah, menggigit, dan berbicara dengan lancar. Waktu pemulihan normal untuk operasi rahang bawah antara 10-12 minggu.

Referensi

About The Author

10 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Pasca Operasi

3 Resep Salad Buah Sederhana untuk Turunkan Berat Badan