Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Manfaat Lobak Merah untuk Kesehatan Anda

Myles Bannister

Manfaat Lobak Merah yang Harus Anda Tahu

Manfaat lobak merah yang banyak dipercaya masyarakat adalah kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena lobak merah memiliki berbagai kandungan baik seperti beta-karoten, vitamin B, vitamin C, alpha-karoten, folat, fosfor, magnesium, zat besi, dan kalsium. Dalam 100 gram lobak terdapat 0,1 gram lemak, 1,6 gram serat, 16 kalor, dan 3,4 gram karbohidrat.

Berikut adalah beberapa manfaat lobak merah yang bisa Anda dapatkan:

1. Mencegah penuaan dini

Lobak merah mengandung beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kekencangan kulit dan mencegah penuaan dini.

2. Menstabilkan tekanan darah

Lobak merah mengandung kalium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

3. Menurunkan berat badan

Lobak merah mengandung vitamin C, vitamin B6, dan serat yang dapat membantu mengurangi berat badan dan melancarkan pencernaan.

4. Mengurangi risiko kanker

Lobak merah mengandung vitamin A dan beta-karoten yang dapat mengurangi risiko kanker dan merangsang pertumbuhan sel sehat di dalam tubuh.

5. Mengatasi jerawat

Lobak merah memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan mengandung vitamin C yang efektif mengobati kulit seperti jerawat.

Manfaat lobak merah lainnya adalah memudarkan bintik-bintik dan noda pada kulit.

6. Mengatasi peradangan

Lobak merah dapat digunakan sebagai obat alami untuk menangani peradangan pada mulut, tenggorokan, gangguan pada perut dan usus, saluran empedu, infeksi, demam, batuk, bronkitis, dan kelebihan lendir pada saluran pernapasan.

7. Menyehatkan kulit kepala

Lobak merah membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan menghilangkan ketombe.

Anda bisa menggosok jus lobak pada kulit kepala dan rambut untuk mendapatkan manfaatnya.

8. Menjaga kesehatan jantung

Lobak merah mengandung nitrat, serat, dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke.

9. Mencegah perkembangan sel kanker

Lobak merah mengandung antosianin dan isothiocyanate yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

10. Aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Lobak merah memiliki indeks glikemik rendah dan mengandung zat antosianin yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

11. Mengatasi jamur

Lobak merah memiliki kemampuan mematikan jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi seperti jamur vagina, kandidiasis kulit, dan sariawan.

Nah, itulah beberapa manfaat lobak merah yang bisa Anda dapatkan. Meski lobak merah memiliki banyak manfaat, wanita menyusui, ibu hamil, dan penderita penyakit tiroid disarankan untuk membatasi konsumsinya.

Perhatikan juga jumlah asupan lobak untuk menghindari iritasi saluran pencernaan.

About The Author

Trikomoniasis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Penderita Diabetes Ingin Makan Bubur, Bolehkah?