Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Vitamin dan Mineral Terbaik untuk Mengatasi Osteoporosis

Myles Bannister

Wanita dengan osteoporosis perlu menjalani perawatan rutin yang melibatkan diet khusus dan penggunaan obat-obatan sesuai petunjuk dokter.

Untuk mencegah kondisi tulang semakin parah, berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang direkomendasikan:

Vitamin dan mineral untuk mengatasi osteoporosis

Vitamin dan mineral dapat digunakan untuk meredakan gejala dan mengobati osteoporosis. Berikut adalah beberapa yang perlu dikonsumsi:

Kalsium

Kebutuhan kalsium bagi dewasa adalah sekitar 1.000 mg per hari. Jumlah ini perlu ditingkatkan ketika usia mencapai di atas 51 tahun, dengan rekomendasi sebesar 1.200 mg per hari. Penting untuk tidak melebihi dosis 2.000 mg karena dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan pengapuran organ tersebut.

Kebutuhan kalsium sebenarnya dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan. Jika tidak memungkinkan, suplemen dapat digunakan dengan hati-hati agar tidak terjadi overdosis.

Vitamin D

Vitamin D bekerja sama dengan kalsium untuk mengatasi osteoporosis. Vitamin D memungkinkan penyerapan kalsium yang masuk ke dalam tubuh sehingga menjaga kepadatan tulang. Vitamin D dapat diperoleh melalui paparan sinar matahari selama 10-15 menit setiap hari atau melalui makanan atau suplemen dengan dosis sekitar 800-1.000 IU per hari.

Magnesium

Magnesium juga berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang, bekerja sama dengan kalsium. Sumber magnesium yang baik adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Kebutuhan harian magnesium adalah sekitar 300-500 mg, dan jika tidak terpenuhi melalui makanan, suplemen dapat digunakan dengan hati-hati untuk menghindari overdosis.

Boron

Boron diperlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil, sekitar 3-5 mg. Meskipun kebutuhannya kecil, boron memiliki peran penting dalam penyerapan kalsium. Sumber boron yang baik adalah buah-buahan seperti anggur, apel, dan pir. Disarankan untuk memperoleh boron dari makanan, namun jika menggunakan suplemen, perlu berhati-hati untuk menghindari overdosis.

Vitamin K

Vitamin K sangat penting dalam mengikat kalsium ke tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Kebutuhan harian vitamin K bagi orang dewasa adalah sekitar 150 mcg. Penggunaan suplemen vitamin K sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk menghindari interaksi obat.

Silikon

Silikon adalah mineral yang jarang ditemukan dalam multivitamin. Kebutuhan silikon harian adalah sekitar 25-50 mg.

Herba tertentu

Di samping vitamin dan mineral, ada juga beberapa herba yang dapat membantu mengatasi osteoporosis. Herba epimedii, fructus ligustri lucidi, dan fructus psoraleae dapat mencegah pengeroposan tulang jika dikonsumsi setelah menopause.

Cara mencegah osteoporosis

Mencegah osteoporosis lebih baik daripada mengobatinya. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah osteoporosis:

  • Konsumsi cukup kalsium setiap hari melalui susu, olahannya, kuning telur, ikan sarden, atau suplemen.
  • Penuhi kebutuhan vitamin D dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit setiap hari.
  • Lakukan olahraga secara rutin, seperti angkat beban atau lari, sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Hindari konsumsi alkohol dan rokok yang berlebihan.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan tulang secara rutin setelah berusia di atas 45 tahun.
  • Pertimbangkan suplemen dalam kasus vegetarian atau jika tidak bisa mengonsumsi protein hewani.
  • Suplemen kalsium dianjurkan untuk yang tidak bisa mengonsumsi protein hewani, terutama susu.

Osteoporosis mempengaruhi mobilitas seseorang, namun dengan perawatan yang tepat, kondisi ini dapat diatasi sehingga orang bisa beraktivitas normal. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mencegah osteoporosis agar tidak mengganggu kehidupan saat tua nanti.

About The Author

10 Zat Aditif Pada Makanan Ini Berbahaya, Apa Benar?

Pentingnya Peran Ayah untuk Ibu yang Mengalami Baby Blues