Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Pusing Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit Ini

Myles Bannister

Terbangun tiba-tiba dapat menyebabkan pusing. Orang yang tidak terbiasa dengan alarm, panggilan telepon, atau suara bising yang memaksa mereka bangun akan merasakan sakit kepala, detak jantung yang berdebar, dan perubahan mood.

Untuk mengatasi ini, cobalah duduk selama tiga menit setelah bangun tidur untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi sakit kepala.

Jika Anda tidur dengan kondisi haus, Anda mungkin mengalami dehidrasi dan sakit kepala saat bangun tidur. Minum air putih sebelum tidur atau sediakan air dekat kasur jika Anda bangun tidur dan merasa haus.

Perempuan sebaiknya tidak tidur dengan ikat kepala atau bando yang terlalu ketat. Tekanan pada rambut dapat menyebabkan sakit kepala.

Ketidaknyamanan dan kegelisahan yang berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Rasa cemas dan gelisah tanpa disadari dapat menyebabkan pernapasan yang cepat saat tidur, yang mengganggu keseimbangan oksigen dan karbondioksida dalam tubuh.

Beberapa orang melaporkan bahwa pusing saat bangun tidur juga dapat disebabkan oleh penyakit vertigo. Jika Anda mengalami ini, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan medis yang tepat.

Penyebab Lain Pusing Saat Bangun Tidur

Pusing saat bangun tidur sering kali berkaitan dengan beberapa penyakit atau gangguan kesehatan, seperti:

Neuralgia occipital

Gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar tulang belakang pangkal leher sampai kepala.

Migrain basilar

Terasa di bagian belakang kepala pada arteri basilar.

Kurang tidur

Kurang tidur malam dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur. Tidur siang tidak dapat menggantikan tidur malam yang kurang.

Menggemeretakkan gigi

Menggemeretakan gigi saat tidur dapat menyebabkan otot pipi, dagu, dan pelipis tegang, yang menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.

Posisi tidur yang tidak tepat

Penggunaan bantal yang tidak tepat atau posisi tidur yang salah dapat menyebabkan otot leher tegang, yang dapat menyebabkan sakit kepala.

Hipotensi postural

Perubahan posisi dari tidur ke duduk atau berdiri menyebabkan penurunan tekanan darah.

Sakit kepala tegang

Gejala ini meliputi kepala terasa tegang dan pemicunya adalah stres, tegang, kurang tidur, dan rasa lapar.

Sakit kepala kronis

Pemicunya adalah kelelahan, bantal terlalu tinggi, tidur berlebihan, tidur yang tidak nyenyak, dan posisi tidur yang salah.

Untuk mengatasi pusing saat bangun tidur, sebaiknya atasi penyebabnya. Gunakan pelindung mulut dan praktikkan meditasi atau yoga untuk mengatasi bruxism akibat stres.

Gunakan bantal dan kasur yang nyaman untuk tidur yang lebih nyenyak dan mengurangi risiko sakit kepala. Posisi tidur yang tepat juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan segar saat bangun.

Jaga agar tidur siang tidak terlalu lama. Cukup tidur 10-30 menit untuk merasa segar. Tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala dan kesulitan tidur di malam hari.

Jaga agar tidur siang tidak terlalu lama. Cukup tidur 10-30 menit untuk merasa segar. Tidur siang yang terlalu lama dapat menyebabkan sakit kepala dan kesulitan tidur di malam hari.

About The Author

Ketahui Perbedaan Peredaran Darah Besar dan Kecil

Gabapentin: Manfaat, Dosis, Efek Samping