Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Punya Mertua Menyebalkan? Begini Cara Menghadapinya

Myles Bannister

Salah satu masalah saat membina hubungan rumah tangga adalah campur tangan mertua. Mengetahui cara sabar menghadapi mertua penting untuk setiap pasangan. Inilah cara menghadapi mertua cerewet dan menyebalkan.

Cara Sabar Menghadapi Mertua yang Menyebalkan

Punya mertua yang terus campur dalam rumah tangga? Atau mertua yang suka merendahkan menantu? Jika iya, Anda harus mengambil langkah bersama pasangan untuk menciptakan keakraban dengan mertua.

Berikut ini beberapa cara sabar menghadapi mertua yang penting Anda ketahui:

1. Diskusikan dengan pasangan

Tips menghadapi mertua yang selalu campur adalah berdiskusi dengan pasangan. Jika sering dicela, diomeli, atau diremehkan mertua, bicarakan dengan pasangan untuk mencari solusi.

Ceritakan semua perlakuan mertua kepada pasangan, tapi tetap bersikap netral. Jaga perasaan pasangan agar bisa menjaga hubungan baik dengan mertua.

2. Sentuh hatinya

Meski sikapnya menyebalkan, perlakukan mertua dengan santun seperti orang tua Anda sendiri. Jangan menganggapnya sebagai musuh. Ini cara sabar menghadapi mertua.

Ingatlah bahwa mertua adalah orang tua pasangan Anda. Tetap hormati mereka.

Mertua mungkin cerewet atau suka campur karena ingin perhatian. Bersikaplah lembut dan coba menyentuh hatinya, mungkin sikapnya bisa membaik.

3. Bersikap dekat

Jangan menjauhi mertua karena sikapnya yang menyebalkan atau suka mengatur. Akrabkan diri seperti saat berkenalan dengan teman baru. Pahami apa yang tidak disukai dan membuatnya senang. Kenali kepribadiannya.

Jika mertua introvert, beri dia ruang untuk mengekspresikan diri. Perhatikan mereka sebagai individu penting dalam menjalin hubungan.

4. Bersabar

Cara menghadapi mertua cerewet dan suka campur adalah meningkatkan kesabaran. Meski tidak nyaman karena harus menuruti keinginan mereka, jalani dengan sabar agar mertua terpengaruh dan lebih dekat.

5. Bersikap tenang

Ketika mertua mengomel atau mencela, cara terbaik adalah diam dan tidak melawan. Diam adalah cara terbaik untuk menyembuhkan perasaan yang terluka.

Jika sudah memiliki anak, bermainlah dengannya dan hindari ocehan mertua. Jangan membiarkan emosi mengeluarkan kata-kata hinaan. Jaga mulut agar kata-kata buruk tidak terucap.

6. Tinggal terpisah

Jika mertua menyebalkan, hidup terpisah dari mereka. Ini penting untuk mengurangi gesekan. Hidup satu rumah dengan mereka akan membuat mereka terus campur dalam rumah tangga Anda.

Bicarakan dengan pasangan tentang keinginan tinggal terpisah dari mertua. Tidak perlu rumah baru, kontrakan yang layak sudah cukup untuk keluarga kecil.

Nah, itulah cara sabar menghadapi mertua yang bisa Anda praktikkan bersama pasangan. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

Nah, itulah cara sabar menghadapi mertua yang bisa Anda praktikkan bersama pasangan. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

About The Author

Aturan Mandi untuk Ibu Hamil Sesuai Trimester Kehamilan

Gejala Kanker Rahim yang Perlu Anda Waspadai