Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Mengatasi Pusing saat Puasa

Myles Bannister

Tubuh mengalami kepala pusing saat puasa karena menahan lapar dan haus. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut penjelasannya!

Penyebab Pusing saat Puasa

Kadar glukosa dalam darah dapat menurun saat puasa, menyebabkan kepala pusing. Anemia, dehidrasi, atau penurunan tekanan darah dapat menjadi penyebab lainnya. Orang dengan diabetes harus segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami pusing saat berpuasa.

Pada non-diabetes, mencari tempat yang aman dan duduk tenang serta makan atau minum jika tidak merasa lebih baik dapat membantu. Jika memang belum merasa lebih baik atau sering mengalami pusing saat puasa, sebaiknya pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mual saat puasa dapat disebabkan oleh radang lambung atau pengaruh asam lambung yang meningkat pada perut kosong. Tambahan faktor seperti kekurangan cairan atau konsumsi obat tertentu juga bisa menyebabkan mual.

Cara Mengatasi Pusing saat Puasa

Jika pusing atau sakit kepala saat puasa, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Perbaiki pola tidur

Perbaiki pola tidur dengan tidur lebih cepat dan melakukan tidur siang jika memungkinkan.

2. Minum air mineral

Perbanyak minum air mineral saat berbuka, malam hari, dan sahur untuk menghindari dehidrasi.

3. Kelola emosi dengan baik

Kelola emosi dengan melakukan aktivitas menyenangkan seperti mendengar musik, membaca buku, atau beribadah.

4. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat yang kaya vitamin dan nutrisi, termasuk makanan yang rendah indeks glikemik, protein rendah lemak, dan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin C.

Itulah cara mengatasi pusing saat puasa untuk menjaga kesehatan selama beribadah. Semoga bermanfaat!

Referensi

  1. Anonim. 2022. What to eat to help with dizziness and loss of balance. https://www.positivepause.co.uk/hot-help-for-dizziness-and-loss-of-balance/what-to-eat-to-help-with-dizziness-and-loss-of-balance (Diakses pada 1 April 2022)
  2. Abrahams, Roshan. 2020. Dealing with dizziness during fast. https://www.plainsman.co.za/news/dealing-with-dizziness-during-fast (Diakses pada 1 April 2022)
  3. Doherty, Colleen. 2021. How Fasting Causes Headaches. https://www.verywellhealth.com/how-fasting-can-cause-a-headache-1719448 (Diakses pada 1 April 2022)

About The Author

Imboost Force: Suplemen untuk Daya Tahan Tubuh

Mark Westlife dan Pasangan Prianya Punya Anak, Kok Bisa?