Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Tanda Varikokel pada Pria dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Varikokel menyebabkan testis terasa sakit dan mengganggu aktivitas. Pada kondisi tertentu bisa menyebabkan gangguan fungsi seksual dan reproduksi. Kondisi varikokel harus diatasi. Berikut tanda varikokel yang terlihat dan dirasakan.

Muncul benjolan di skrotum

Salah satu tanda mudah dilihat varikokel adalah munculnya benjolan di skrotum. Benjolan ini muncul dari pembuluh darah yang membengkak. Beberapa benjolan tidak menyebabkan rasa sakit meski kadang terasa sakit.

Coba periksa testis dengan baik. Raba perlahan-lahan. Kalau muncul benjolan aneh, segera periksa agar bisa diatasi.

Testis besar sebelah

Pemeriksaan skrotum juga dilakukan untuk mengetahui kondisi testis. Pria yang mengalami varikokel biasanya memiliki ukuran testis yang berbeda. Biasanya salah satu testis akan membesar dan terasa sakit.

Sebenarnya testis kiri dan kanan memang berbeda ukurannya. Namun, perbedaan ukuran tidak terlalu signifikan. Berbeda dengan varikokel di salah satu sisi.

Nyeri di skrotum

Skrotum biasanya terasa nyeri kalau tidak ada penyangga di bawah. Saat pria tidak menggunakan celana dalam jenis jock strap, kemungkinan akan terasa sakit. Rasa sakit ini muncul saat pembuluh darah yang membesar terkena beban dari testis.

Nyeri saat berdiri dan hilang saat tiduran

Nyeri pada skrotum biasanya semakin terasa saat pria berdiri dan berjalan. Rasa nyeri mungkin akan timbul dan tenggelam saat berjalan. Namun, nyeri terus muncul dan kadang menyebabkan sensasi tidak nyaman yang terlalu besar.

Rasa sakit ini biasanya hilang kalau pria duduk atau tiduran. Kalau sering mengalami kondisi ini, segera periksa agar tidak terjadi gangguan yang lebih parah.

Latihan terlalu besar membuat nyeri di testis lebih kuat

Testis tidak akan kuat kalau pria mengangkat beban terlalu besar saat olahraga. Gerakan seperti mengangkat beban di punggung atau latihan kaki lain memicu nyeri yang besar. Gunakan celana dalam jenis jock strap atau compressor saat berolahraga.

Kehilangan fungsi seksual

Pembengkakan di area testis mengganggu fungsi seksual pria. Testis yang menghasilkan testosteron tidak bisa berjalan dengan baik. Pria akan mengalami penurunan gairah seksual. Kondisi ini akan lebih parah jika sampai kehilangan kemampuan ereksi dengan maksimal.

Penurunan kesuburan

Pusat sperma adalah testis. Jika testis mengalami gangguan, pria akan mengalami penurunan kesuburan. Dalam penelitian, pria bisa mengalami penurunan kualitas sperma hingga 40 persen. Jumlah ini cukup besar dan berpengaruh pada kemampuan pembuahan.

Inilah tujuh tanda varikokel atau varises yang terjadi pada testis dan skrotum. Perhatikan kondisi penis secara menyeluruh untuk mencegah gangguan yang serius.

Inilah tujuh tanda varikokel atau varises yang terjadi pada testis dan skrotum. Perhatikan kondisi penis secara menyeluruh untuk mencegah gangguan yang serius.

About The Author

8 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil dan Janin

Penis Berdarah: Penyebab dan Cara Mengatasinya