Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Tanda Tubuh Butuh Istirahat Seharian

Myles Bannister

Tanda-tanda Tubuh yang Membutuhkan Istirahat

Meskipun sudah tidur di malam hari, tidak berarti kita tidak membutuhkan waktu istirahat sepanjang hari. Berikan tubuh kesempatan untuk beristirahat demi mencegah masalah kesehatan atau menjaga kebugarannya.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa tubuh butuh istirahat:

Tubuh Terasa Tidak Nyaman

Gejala pertama kelelahan adalah tubuh yang tidak nyaman. Ada pegal-pegal pada otot atau sensasi tak sedap di beberapa bagian tubuh. Meskipun sudah tidur cukup, kita ingin beristirahat kembali karena badan terasa kurang bugar.

Jangan anggap remeh gejala ini dan berikan kesempatan tubuh untuk beristirahat sepanjang hari.

Aktivitas Fisik Terasa Berat

Tubuh yang lelah membuat segala aktivitas terasa berat. Berjalan atau mencuci piring rasanya tidak nyaman. Tanda ini menunjukkan bahwa tubuh membutuhkan istirahat.

Jika tinggal sendirian atau tidak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga, pesan jasa pembersihan dan makanan untuk waktu istirahat yang maksimal.

Tidak Nafsu Makan

Tubuh yang sangat lelah akan mengacaukan sistem metabolisme, bahkan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Padahal, tubuh butuh nutrisi untuk kembali bugar.

Coba makan makanan sehat agar tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk pulih dan memulihkan diri.

Denyut Jantung Tidak Normal

Denyut jantung bisa menandakan masalah kesehatan. Jika frekuensinya meningkat, beristirahatlah karena tubuh sedang lelah, stres, atau tekanan darah tinggi.

Selain beristirahat, meditasi, yoga, atau latihan pernapasan bisa membantu menjaga denyut jantung tetap normal.

Sering Sakit

Tubuh yang lelah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Kita mudah sakit, seperti sariawan, pilek, flu, atau sakit kepala. Istirahatlah untuk memulihkan kebugaran dan sistem kekebalan tubuh.

Susah Tidur Nyenyak

Tubuh yang lelah tidak akan bisa tidur nyenyak. Banyak orang yang mengalami masalah kualitas tidur ketika kelelahan, seperti sulit tidur atau sering terbangun di tengah malam. Kondisi ini memperburuk keadaan tubuh.

Selain lelah fisik, masalah tidur juga terkait dengan masalah psikis yang perlu ditangani.

Sulit Berpikir Jernih

Kelelahan tubuh memengaruhi fungsi otak dan kondisi mental. Sulit berpikir jernih, konsentrasi, atau mudah terpancing emosi. Ini mengurangi produktivitas atau mengganggu kehidupan sosial.

Jika mengalami gejala-gejala ini, segera beristirahat.

Sumber:

  1. Cane, Jonathan. 2017. 7 Signs You Need a Rest Day. polar.com/blog/7-signs-need-rest-day/ (Diakses pada 14 September 2019).

About The Author

Manfaat Pegangan Tangan bagi Kesehatan Mental

14 Pantangan dan Buah yang Bagus untuk ASI