Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab dan Cara Menghilangkan Dagu Ganda

Myles Bannister

Untuk menghilangkan dagu ganda, ada latihan yang dapat membuang lemak di bawah dagu dan leher. Ada juga perawatan lain yang bisa digunakan untuk menunjang latihan ini.

Lalu apa penyebab dagu ganda? Ada beberapa faktor yang menyebabkannya. Anda bisa memahami faktor-faktor ini yang dapat membantu cara menghilangkan dagu ganda itu sendiri, berikut penyebabnya, seperti dilansir oleh Medical News Today.

1. Usia
Kulit bisa kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia tubuh, yang bisa menyebabkan munculnya kulit ekstra atau kendor di bawah dagu dan menyebabkan dagu ganda.

2. Diet dan berat badan
Sementara penambahan berat badan tidak selalu menjadi penyebab dagu ganda, namun ini juga ikut berperan. Diet yang tinggi kalori, makanan olahan, dan lemak tidak sehat bisa memengaruhi penambahan berat badan dan juga dagu ganda.

3. Genetika
Gen mungkin berperan pada orang yang mengembangkan dagu ganda. Siapa pun yang memiliki sejarah keluarga dengan kulit yang kurang elastis atau berisiko mengembangkan dagu ganda.

4. Sikap
Postur tubuh yang buruk bisa melemahkan otot-otot leher dan dagu. Hal ini dapat menyebabkan dagu ganda seiring berjalannya waktu, karena kulit di sekitarnya kehilangan elastisitasnya saat otot tidak digunakan.

Latihan untuk menghilangkan dagu ganda

Ada latihan sederhana untuk menghilangkan dagu ganda. Meskipun belum banyak penelitian ilmiah tentang efek latihan ini, latihan ini bertujuan untuk melatih otot leher dan wajah. Bekerja dengan otot-otot ini dapat membantu membakar lemak di area tersebut dan menjadi bagian penting dalam menghilangkan dagu ganda. Berikut adalah latihan yang dapat membantu menghilangkan dagu ganda:

1. Latihan memutar kepala
Seperti rutinitas olahraga lainnya, penting untuk menghangatkan otot sebelum berolahraga. Untuk menghangatkan leher, putar kepala dengan hati-hati ke depan dan ke bawah, lalu putar ke belakang dengan gerakan searah jarum jam. Setelah beberapa putaran, lakukan gerakan yang berlawanan arah.

Gerakan yang sama dapat digunakan untuk meregangkan rahang. Angkat perlahan rahang ke kiri, maju, ke kanan, dan kemudian kembali, tahan setiap posisi selama satu atau dua detik. Otot akan menjadi hangat dan siap untuk berolahraga.

2. Duduk dengan menekan kepala
Latihan ini bagus untuk memperkuat otot dan memberi istirahat pada leher saat duduk di meja kerja. Duduklah dengan punggung lurus dan bahu santai.

Miringkan kepala ke belakang untuk melihat langit-langit. Dari posisi ini, tutup bibir dengan cara yang digunakan saat bersiul. Bibir harus santai tapi ditekan cukup ketat untuk merasakan kontraksi pada kedua sisi leher.

Tahan posisi ini selama 10 hingga 20 detik tergantung pada kenyamanan individu. Sepuluh pengulangan latihan ini biasanya cukup untuk satu kali duduk.

3. Berdiri tegak dengan menekan kepala
Latihan ini mirip dengan yang sebelumnya, tetapi dengan beberapa perbedaan. Berdiri tegak dan tinggi dengan lengan dan bahu yang santai dan rileks. Miringkan kepala ke belakang untuk melihat langit-langit. Kemudian, coba tekan bibir seperti mencium langit-langit.

Jika dilakukan dengan benar, otot di seluruh leher dan dagu akan menjadi tegang dan tertekuk namun tetap nyaman. Tahan posisi ini selama 5 hingga 20 detik, kemudian rileks. Lakukan latihan ini sebanyak 10 hingga 15 kali.

4 . Meremas bola
Latihan menggunakan bola tangan adalah cara terbaik untuk membantu beberapa orang melakukan gerakan ini. Untuk latihan leher, bisa membantu dengan menempatkan bola di suatu tempat di dekat meja, tempat tidur, atau di tempat di mana latihan dilakukan. Ukuran bola dapat bervariasi antara 5 hingga 10 inci tergantung pada kenyamanan dan kemudahan peremasan.

Untuk melakukan latihan peremasan bola ini, duduk dengan punggung lurus dan bahu yang santai.

Tempatkan bola di bawah dagu. Gunakan dagu untuk menekan bola dengan gerakan mantap dan tegak. Gerakan ini dapat diulang 10 hingga 30 kali selama satu kali duduk.

5. Peregangan dengan bibir cemberut
Cara lain yang efektif untuk membentuk otot di dagu dan leher adalah dengan melakukan peregangan bibir cemberut.

Berdiri atau duduk dengan bibir cemberut. Tahan posisi ini selama 3 detik. Dengan bibir yang masih cemberut, gunakan otot leher untuk mencondongkan dagu ke arah dada tanpa menggerakkan bagian atas punggung.

Tahan posisi ini selama 3 detik. Rilekskan otot, dan ulangi lagi. Lakukan 10 hingga 20 kali atau sampai leher terasa lelah.

6. Mengunyah permen karet
Meskipun mungkin terlihat sepele, mengunyah permen karet dapat berguna bagi mereka yang ingin menghilangkan dagu ganda dengan berbagai cara.

Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengunyah permen karet setelah makan mungkin merasa lebih puas dengan makanan yang mereka konsumsi dan cenderung tidak makan camilan tambahan. Mengunyah permen karet secara teratur juga dapat membantu melatih otot wajah, terutama rahang, dan membantu membakar lemak di daerah dagu.

7. Buka mulut seperti singa menguap
Inti dari latihan ini adalah membuka mulut lebar sambil menjulurkan lidah sejauh mungkin, mirip dengan gerakan singa yang menguap. Ini adalah latihan yang baik untuk menguatkan banyak otot di dagu, leher, dan wajah.

Duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang santai. Buka mulut selebar mungkin sambil menjulurkan lidah. Jika dilakukan dengan benar, otot leher, dagu, dan rahang akan merasa tegang.

Julurkan lidah selama 10 detik, kemudian rilekskan. Ulangi proses ini sebanyak 10 kali dan lanjutkan ke latihan selanjutnya.

Perawatan lainnya untuk menghilangkan dagu ganda

Selain latihan, banyak orang beralih ke perawatan tambahan untuk mengatasi dagu ganda, termasuk:

1. Masker wajah
Ada banyak masker wajah yang tersedia di supermarket atau apotek, yang dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi tampilan dagu ganda.

Masker dengan bahan gliserin dan kopi atau masker teh hijau dapat membantu efek latihan. Masker dengan bahan putih telur, madu, dan jus lemon juga dapat mengurangi lemak di sekitar dagu.

2. Diet
Diet yang sehat dapat membantu mengurangi munculnya dagu ganda, terutama jika disebabkan oleh penambahan berat badan. Mengurangi asupan kalori harian dapat membantu.

Minum banyak air dapat membantu menghilangkan lemak dari tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang minum air putih sebelum makan akan menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

Air dan makanan yang memiliki kandungan air tinggi, seperti melon dan mentimun, juga dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh.

3. Operasi
Beberapa orang memilih untuk melakukan operasi untuk memperbaiki dagu ganda. Ada tiga prosedur utama yang digunakan untuk merawat dagu ganda:

  • Mesoterapi
    Terapi ini melibatkan penyuntikan senyawa ke dalam dagu untuk melarutkan lemak. Prosesnya bisa memakan waktu hingga 6 bulan dan mungkin memerlukan lebih dari 100 suntikan. Jika dilakukan dengan tidak benar, bisa menyebabkan kerusakan saraf.
  • Liposkulptur
    Cara ini dapat menghilangkan lemak dengan menghisap atau menggunakan laser. Namun, liposkulptur tidak akan memperbaiki elastisitas kulit.
  • Kybella
    Obat ini disetujui oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat. Satu kali pengobatan melibatkan hingga 50 suntikan obat ke dalam jaringan lemak. Seseorang mungkin membutuhkan hingga enam perawatan individu, yang dilakukan setiap bulan. Pilihan ini dapat menyebabkan efek samping berupa pembengkakan, memar, atau nyeri. Dagu ganda mungkin juga akan kembali jika gaya hidup tidak berubah.

About The Author

7 Camilan Sehat Penderita Hipertensi

Tak Perlu Mahal, 10 Resep Makanan Sehat dan Murah!