Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Tanda Gangguan Mata Kering yang Sudah Parah

Myles Bannister

Tanda Gangguan Mata Kering yang Sudah Parah

Mata kering dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan keinginan untuk menggaruk. Kondisi ini dapat diatasi dengan obat bebas. Namun, jika Anda mengalami kondisi di bawah ini, segera periksakan diri ke dokter.

Mata terasa nyeri dan menyiksa

Mata yang kering biasanya hanya terasa tidak nyaman karena terasa gatal. Namun, jika kondisi tidak membaik dengan tetes mata, penanganan serius diperlukan.

Beberapa orang dengan mata kering juga merasakan nyeri yang intens di mata. Nyeri ini seperti ada yang mengganjal dan sulit untuk diatasi. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan abrasi kornea.

Tidak tahan dengan cahaya terang

Bekerja di depan layar komputer yang terang bisa membuat mata mudah kering. Kita perlu berkedip untuk menjaga kelembaban mata. Mata yang kering akibat cahaya dapat diatasi dengan tetes mata.

Jika mata tidak membaik dan sensitif terhadap cahaya, segera periksakan kondisi mata Anda.

Pandangan buram atau ganda

Jika mata seringkali buram atau melihat bayangan atau ganda, kemungkinan besar Anda mengalami kering. Penggunaan tetes mata over-the-counter dapat memperbaiki masalah ini. Namun, jika tidak ada perubahan, segera periksakan ke dokter mata.

Sulit melepas lensa kontak

Jika Anda menggunakan lensa kontak, mata harus tetap lembab. Jika lensa terasa nyeri dan sulit dilepas, segera periksakan diri. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada mata Anda.

Terlalu sering menggunakan tetes mata

Jika Anda terus menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata kering, ada kemungkinan masalah yang lebih serius. Penggunaan tetes mata over-the-counter hanya mengatasi gejala, bukan menyembuhkan. Jika tidak ada perubahan, butuh penanganan medis.

Tidak nyaman dan merasa depresi

Masalah pada mata bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan depresi. Jika masalah ini berlangsung lama, periksakan diri Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Menangis tetapi tidak ada air mata

Kondisi mata yang kering menyebabkan permukaan terjadi friksi. Jika hal ini terjadi, kemungkinan terjadi masalah pada mata. Kondisi ini tidak bisa ditangani dengan tetes mata saja. Anda membutuhkan obat untuk merangsang produksi air mata yang cukup.

Inilah beberapa tanda gangguan mata kering yang parah dan butuh penanganan yang lebih baik. Jika Anda sering mengalami mata kering, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menjaga kesehatan mata Anda.

About The Author

Gawat Janin: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dll

Pantoprazole: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping