Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Macam-Macam Sendi, Letak, dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia

Myles Bannister

Tubuh manusia terdiri dari sendi yang memiliki fungsinya masing-masing bagi pergerakan tubuh. Simak informasi lengkapnya mulai dari definisi, jenis, dan fungsi sendi di bawah ini!

Apa Itu Sendi?

Sendi adalah titik di mana penghubung fisik antara dua atau beberapa tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini disebut persendian. Misalnya sendi lutut adalah titik penghubung antara femur dan tibia.

Tubuh manusia memiliki 360 sendi dari 206 tulang yang menopang tubuh. Meskipun ada berbagai macam sendi, hanya beberapa yang membantu tubuh bergerak.

Sendi terdiri dari jaringan ikat fibrosa, termasuk ligamen, tendon, dan tulang rawan.

Macam-Macam Sendi Utama pada Tubuh Manusia

Tubuh manusia memiliki tiga jenis persendian utama yang menghubungkan antartulang. Ketiganya termasuk dalam kategori berdasarkan gerakan dan fungsinya.

Berikut ini beberapa jenis sendi utama di tubuh manusia:

1. Sendi Mati (Sinartrosis)

Jenis sendi yang juga disebut sendi fibrosa ini menghubungkan dua tulang atau lebih, tetapi tidak dapat bergerak. Contohnya adalah sendi di tengkorak.

Contoh sendi mati termasuk sutura dan gomphosis.

2. Sendi Kaku (Amfiartrosis)

Sendi kaku atau sendi tulang rawan memiliki dua tulang atau lebih yang merekat begitu erat sehingga gerakannya terbatas. Contohnya adalah ruas tulang belakang.

3. Sendi Gerak (Diarthrosis)

Sendi gerak atau sendi sinovial memiliki cairan sinovial yang memungkinkan semua bagian sendi bergerak dengan mulus.

Jenis sendi gerak adalah yang paling umum di tubuh manusia. Beberapa contohnya adalah sendi di lutut dan bahu.

Macam-Macam Sendi Gerak pada Tubuh Manusia

Sendi gerak atau sendi sinovial adalah sendi yang bergerak bebas di dalam tubuh. Sendi ini dikelilingi oleh kapsul sendi yang melumasi jaringan dan ruang dalam kapsul.

Berikut ini macam-macam sendi gerak berdasarkan kategori dan fungsinya:

1. Sendi Engsel (Hinge)

Sendi antara dua tulang atau lebih berfungsi seperti engsel pintu, tetapi bergerak dalam satu arah. Contoh sendi engsel adalah sendi di lutut dan siku.

2. Sendi Putar (Pivot)

Sendi putar atau trochoid ditandai dengan satu tulang yang dapat berputar dalam cincin yang terbentuk dari kedua tulang. Contohnya adalah sendi antara tulang ulna dan jari-jari di lengan bawah, dan sendi di leher.

3. Sendi Geser (Plane)

Sendi geser memungkinkan antartulang bergerak dan menggeser satu sama lain. Contoh sendi geser adalah sendi di pergelangan tangan.

4. Sendi Pelana (Saddle)

Sendi pelana memungkinkan sambungan dua tulang bergerak ke dua arah seperti “pelana,” yakni bergerak ke arah samping dan depan. Contoh sendi pelana adalah sendi di pangkal ibu jari.

5. Sendi Peluru (Ball and Socket)

Sendi peluru memungkinkan sendi dapat bergerak ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah sendi di bahu dan panggul.

6. Sendi Gulung (Condylar)

Sendi gulung memungkinkan gerakan, tetapi tidak dapat bergerak memutar. Contoh sendi gulung adalah sendi yang menghubungkan tulang telapak tangan dan jari.

Struktur Sendi

Persendian dapat bergerak karena komponen di dalamnya. Struktur sendi terdiri dari:

  • Tulang rawan yang menutupi permukaan tulang pada sendi.
  • Membran sinovial yang melapisi dan melumas sendi.
  • Ligamen yang mengelilingi sendi dan menghubungkan tulang.
  • Tendon yang menghubungkan otot ke tulang.
  • Bursas yang membantu meredam gesekan pada sendi.
  • Cairan sinovial yang melumas sendi.
  • Meniskus yang terdapat di lutut dan sendi lainnya.

Kondisi yang Memengaruhi Sendi

Problematika pada sendi biasanya disebabkan oleh arthritis, seperti osteoartritis, reumatoid artritis, dan gout karena penggunaan sendi yang berlebihan.

Itu adalah macam-macam sendi dan letaknya, serta fungsinya bagi tubuh manusia. Mengetahui jenis sendi dapat membantu merawat dan mencegah masalah pada persendian seperti arthritis.

  1. Anonim. Tanpa Tahun. The Six Types of Synovial Joints: Examples & Definition. https://study.com/academy/lesson/the-six-types-of-synovial-joints-examples-definition.html. (Diakses pada 27 Agustus 2020)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Anatomy of a Joint. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anatomy-of-a-joint-85-P00044. (Diakses pada 27 Agustus 2020)
  3. Frothingham, Scott. 2017. How Many Joints Are in the Human Body? https://www.healthline.com/health/how-many-joints-in-human-body. (Diakses pada 27 Agustus 2020)

About The Author

Folamil Genio: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping