Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Sarapan untuk Menggantikan Kopi

Myles Bannister

Alasan Minum Kopi di Pagi Hari

Banyak orang minum kopi di pagi hari karena mereka membutuhkan semacam penyemangat. Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah dan membuat seseorang lebih aktif serta hilangnya kantuk dengan cepat.

Kebiasaan ini juga dilakukan oleh beberapa orang yang hobi olahraga baik di luar ruangan atau gym. Kafein yang dikandungnya membuat mereka semangat dan mampu berolahraga dengan maksimal. Beberapa pencinta angkat beban bahkan bisa mengangkat beban yang lebih berat.

Tetapi, tidak semua orang cocok mengonsumsi kopi. Banyak orang mengalami sakit perut dan mulas karena asam lambungnya naik. Selain itu, minum kopi juga bisa membuat seseorang ketagihan. Orang yang sudah ketagihan akan sulit berhenti dan membutuhkan kafein setiap hari.

Jadi, makanan atau minuman apa saja yang bisa menggantikan kopi? Jawabannya ada. Meski tidak mengandung kafein, beberapa makanan tersebut memberikan energi yang sama pada tubuh.

Makanan Pengganti Kopi untuk Sarapan

Berikut beberapa makanan yang bisa menggantikan kopi di pagi hari saat tubuh sedang lemas. Anda bisa memilih mana saja yang sesuai dengan kebutuhan dan porsinya dapat disesuaikan.

Pisang

Pisang adalah makanan pertama yang harus dikonsumsi saat sedang tidak semangat atau lemas. Buah ini mengandung karbohidrat yang bisa memberikan ganjalan di perut dan membuat Anda kembali segar. Makanlah 1-2 batang pisang sesuai dengan kebutuhan.

Pisang dapat disimpan di dalam tas atau kulkas. Pilih pisang yang kulitnya agak gelap karena biasanya sudah matang dengan sempurna. Pisang harus selalu ada di dalam kulkas setiap harinya. Anda bisa menyantapnya sebagai buah segar, smoothies, atau panekuk di pagi hari.

Alpukat

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak nabati yang baik dan memberikan rasa kenyang yang cukup besar. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah yang sudah dipotong atau jus alpukat. Usahakan untuk tidak menambahkan gula terlalu banyak saat membuat jus.

Terdapat banyak jenis alpukat di luar sana yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Pilihlah alpukat yang benar-benar matang sempurna untuk menghindari rasa pahit. Jika ingin membeli banyak untuk stok, pilih alpukat yang belum terlalu matang agar nantinya bisa matang sempurna saat dikonsumsi.

Ubi Jalar

Ubi memiliki fungsi seperti nasi dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Yang membedakan ubi dengan nasi adalah indeks glikemik. Meskipun mengonsumsi ubi dalam jumlah sedikit, Anda tidak akan mudah mengantuk. Pilih ubi dengan warna daging kuning atau ungu untuk mendapatkan vitamin tambahan.

Ubi dapat dimakan langsung dengan merebus atau ditim terlebih dahulu. Selain itu, ubi juga bisa digunakan sebagai pengganti tepung dalam berbagai olahan kue. Biasanya, ubi tidak terlalu manis saat baru dipanen. Untuk mendapatkan rasa manis yang khas, diamkan kurang lebih 1-2 minggu di tempat yang kering.

Air Putih

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana air putih dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan semangat? Air putih, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat meningkatkan hidrasi tubuh. Ketika tubuh tidak mengalami dehidrasi, maka tingkat kelelahan dan kantuk akan berkurang. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi 6-8 gelas air putih setiap hari.

Terkadang, air putih saja bisa terasa membosankan. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba menggunakan buah-buahan. Buah-buahan bisa digunakan untuk membuat infused water yang memberikan rasa manis dan segar. Selain itu, Anda juga bisa membuat teh herbal tanpa gula untuk memberikan efek menenangkan.

Buah Bit

Buah bit mungkin tidak umum dikonsumsi oleh banyak orang. Namun, jus dari buah ini yang dicampur dengan buah atau sayur lain dapat memberikan asupan antioksidan alami pada tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terjaga dari berbagai penyakit dan selalu terasa segar setiap hari.

Pilihlah buah bit yang masih segar saat membelinya. Buah segar akan memberikan semua manfaat yang diinginkan. Sebaliknya, buah yang agak layu atau mungkin bahkan busuk bisa berbahaya bagi tubuh.

Cokelat

Cokelat bisa dikonsumsi untuk memberikan tambahan energi. Namun, sebaiknya pilih cokelat dengan kandungan gula yang tidak terlalu tinggi, karena dapat mempengaruhi gula darah. Lebih baik memilih cokelat yang murni dan memiliki rasa pahit, karena memberikan sensasi yang mirip dengan minum kopi meskipun dengan rasa yang sedikit berbeda.

Jus Buah dan Sayur

Aneka jus buah juga bisa meningkatkan semangat. Anda dapat menggunakan berbagai jenis buah asalkan tidak terlalu banyak menambahkan gula dan krimer. Selain buah, sayuran juga dapat digunakan untuk membuat jus yang dapat dikonsumsi sebagai sarapan dan pengganti kopi.

Itulah tujuh makanan yang dapat digunakan untuk menggantikan kopi. Meskipun beberapa orang mengalami efek samping dari kopi, makanan-makanan tersebut tetap memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Dari beberapa makanan pengganti kopi di atas, menurut Anda mana yang memberikan pengaruh paling besar dalam meningkatkan semangat saat bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari?

  1. Myers, Dan. 2015. 8 Caffeine-Free Breakfast Dishes That Will Boost Your Energy. https://www.thedailymeal.com/eat/8-caffeine-free-breakfast-dishes-will-boost-your-energy. (Diakses pada 3 Desember 2019)
  2. Weg, Arielle. 2017. 9 Caffeine-Free Drinks to Keep You Warm This Winter. https://www.cookinglight.com/food/in-season/caffeine-free-drinks-to-keep-you-warm. (Diakses pada 3 Desember 2019)
  3. Han, Emily. 2013. Caffeine-Free Hot Drinks: 5 Alternatives to Coffee and Tea. https://www.thekitchn.com/caffeine-free-hot-drinks-182397. (Diakses pada 3 Desember 2019)

About The Author

Cek Golongan Darah: Tujuan, Prosedur, Dll

Olay White Radiance Intensive Lotion SPF 24 30 Ml