Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cendo Fenicol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Obat cendo fenicol digunakan untuk masalah mata yang disebabkan oleh bakteri seperti Haemophilus influenzae, Streptococcus viridans, Salmonella sp, Streptococcus pneumoniae, dan Staphylococcus aureus.

Baca terus untuk informasi lebih lanjut tentang obat cendo fenicol, termasuk indikasi, kontraindikasi, bentuk sediaan, manfaat, dosis, dan efek samping.

  • Nama: Cendo Fenicol
  • Kelas Terapi: Antiinfeksi untuk Mata » Antibakteri
  • Monografi Obat: Kloramfenikol

Indikasi Cendo Fenicol

Penggunaan obat cendo fenicol harus sesuai dengan indikasi. Pasien dengan masalah mata seperti kotoran mata berlebihan dapat menggunakan obat cendo fenicol.

Obat cendo fenicol juga dapat digunakan untuk konjungtivitis disebabkan oleh bakteri Streptococcus Hemolyticus, Staphylococcus Aureus, Haemophilus Influenzae, dan E.Coli..

Obat cendo fenicol juga dapat digunakan untuk peradangan selaput bening mata atau keratitis, trakhoma, dakriosistitis, dan uveitis.

Kontraindikasi Cendo Fenicol

Beberapa kondisi merupakan kontraindikasi penggunaan obat cendo fenicol. Penderita dengan alergi atau hipersensitivitas terhadap kloramfenikol dalam obat cendo fenicol sebaiknya tidak menggunakan obat tersebut.

Bentuk Sediaan Cendo Fenicol

Obat cendo fenicol tersedia dalam dua jenis bentuk sediaan, tetes mata dan salep mata.

Baik tetes mata maupun salep mata mengandung 1% kloramfenikol per 1 mL atau per 1 gram obat cendo fenicol.

Manfaat Cendo Fenicol

Manfaat cendo fenicol utama adalah mengobati masalah mata akibat infeksi bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur.

Dosis Cendo Fenicol

Dosis cendo fenicol harus sesuai dengan petunjuk dokter. Dalam bentuk tetes mata atau salep mata, biasanya digunakan 2-3 kali sehari.

Teteskan 1-2 tetes cendo fenicol pada mata yang sakit atau oleskan salep mata pada sisi mata yang sakit. Dosis dapat disesuaikan oleh dokter.

Efek Samping Cendo Fenicol

Efek samping cendo fenicol dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan mata pada penderita alergi terhadap kloramfenikol. Penggunaan jangka panjang juga dapat menyebabkan peradangan pada saraf mata. Segera cari bantuan medis jika mengalami efek samping tersebut.

About The Author

17 Cara Mencegah Jerawat Secara Alami (Mudah dan Efektif)

Meningitis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dll