Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Puasa Ramadan Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi?

Myles Bannister

Dampak puasa bagi kadar kolesterol tubuh

Penelitian melibatkan 32 partisipan di Maroko, negara mayoritas penduduknya adalah Muslim, menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa di bulan Ramadan mengalami penurunan kadar kolesterol total hingga 7,9 persen. Kolesterol jahat turun 2,6 persen di akhir bulan Ramadhan, sementara kolesterol baik naik hingga 14,3 persen.

Para peneliti menyatakan bahwa partisipan cenderung Mengonsumsi lebih sedikit lemak dan jumlah lemak yang dikonsumsi juga lebih baik, yaitu lemak tak jenuh. Namun, pola makan partisipan dari Maroko ini mungkin berbeda dari pola makan masyarakat lain dengan budaya yang berbeda.

Puasa juga bisa menurunkan berat badan

Penelitian di MARA Technology University, Malaysia menunjukkan bahwa berpuasa meningkatkan kadar kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan berat badan.

Para peneliti menyebut bahwa saluran pencernaan dapat menyerap makanan secara efisien saat berpuasa karena tidak ada makanan yang masuk selama delapan jam. Tubuh menggunakan cadangan glukosa dan lemak sebagai sumber energi, memicu manfaat kesehatan tersebut.

Namun, penelitian di Tehran University of Medical Sciences di Iran menunjukkan bahwa 81 partisipan justru mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat.

Kehilangan kolesterol tidak selalu terjadi saat berpuasa, tetapi sangat bergantung pada pola makan saat berbuka dan sahur. Asupan lemak jahat yang tinggi dan kurang konsumsi serat dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat selama bulan puasa.

Puasa bisa menurunkan risiko stroke

Berpuasa dapat mengurangi risiko stroke dengan mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Penurunan berat badan juga berhubungan dengan penurunan lemak dalam tubuh, yang efektif mengurangi risiko stroke.

Makanan yang disarankan saat puasa

Untuk mengurangi kolesterol atau risiko stroke saat berpuasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan berikut secara rutin:

Oatmeal

Oatmeal dapat dikonsumsi tidak hanya saat sarapan, tetapi juga saat berbuka atau sahur. Mengandung serat tinggi yang membuat kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan serta kolesterol.

Sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam sangat dianjurkan selama bulan puasa karena tinggi zat besi dan lutein yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Bawang putih

Bawang putih terbukti dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan risiko pembekuan darah.

About The Author

Tak Sengaja Menelan Permen, Berbahayakah?

12 Cara Melatih Otak agar Tidak Mudah Lupa (No. 10 Unik)