Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Makanan yang Harus Dihindari agar Tidak Sakit Ginjal

Myles Bannister

Ada banyak makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda ingin menjaga kesehatan ginjal Anda. Konsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan masalah pada ginjal Anda seiring waktu. Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari agar tidak terkena sakit ginjal:

Makanan yang Harus Dihindari untuk Mencegah Sakit Ginjal

Sakit ginjal dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membersihkan darah, menyaring kelebihan air dalam darah, dan mengontrol tekanan darah. Penyakit ini bisa dipicu oleh makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah daftar makanan yang perlu diperhatikan:

1. Makanan Olahan

Makanan yang telah diproses umumnya mengandung banyak natrium (garam) dan fosfor. Penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi dari makanan olahan dapat berbahaya bagi ginjal dan tulang, bahkan pada orang yang tidak memiliki penyakit ginjal. Makanan olahan seperti keripik kentang, biskuit, keju oles, kentang instan, dan daging olahan, mengandung tinggi natrium dan fosfor yang dapat merusak ginjal.

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak ginjal. Hindari makanan seperti sayuran kaleng, sup kalengan, makanan beku yang tinggi natrium, acar, dan saus tinggi natrium seperti kecap, saus barbeque, dan saus tomat.

3. Daging

Konsumsi daging dalam jumlah besar dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dan menghasilkan asam dalam darah. Asam ini dapat berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan asidosis. Penting untuk menjaga keseimbangan asupan protein dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

4. Makanan Tinggi Gula

Kelebihan gula dalam makanan dapat menyebabkan obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes, yang semuanya merupakan penyebab umum sakit ginjal. Perhatikan kandungan gula dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi, termasuk makanan penutup, bumbu, sereal sarapan, dan roti putih.

5. Makanan Tinggi Protein

Tubuh membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan perbaikan, tetapi konsumsi protein yang berlebihan dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dan menyebabkan kerusakan. Disarankan untuk membatasi asupan protein dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet untuk menentukan jumlah protein yang tepat bagi Anda.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan potasium, dan terlalu banyak asupan kalium dapat berdampak buruk pada ginjal yang tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda memiliki penyakit ginjal, konsultasikan dengan dokter atau ahli diet Anda mengenai batasan konsumsi buah jeruk dan alternatif buah lain yang lebih rendah kalium.

7. Makanan Tinggi Fosfor

Fosfor adalah mineral yang ditemukan dalam hampir semua makanan. Dalam kondisi ginjal yang sehat, fosfor diatur dengan baik dalam tubuh. Namun, jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, kelebihan fosfor dapat menumpuk dalam darah dan merusak tulang. Batasi konsumsi makanan tinggi fosfor seperti roti gandum utuh, sereal dedak, oatmeal, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minuman soda berwarna gelap.

8. Beras Merah

Beras merah mengandung potasium dan fosfor lebih tinggi daripada nasi putih. Jika Anda ingin menjaga kesehatan ginjal Anda, hindari konsumsi beras merah dalam jumlah berlebihan.

9. Kentang dan Ubi Jalar

Kentang dan ubi jalar mengandung kaya akan kalium. Jika Anda menghindari konsumsi makanan tinggi kalium, rendam kentang dan ubi dalam air sebelum dimasak atau potong menjadi potongan kecil dan tipis serta rebus selama 10 menit untuk mengurangi kadar kalium.

10. Minuman Bersoda

Minuman bersoda yang tinggi gula tidak memiliki nilai gizi dan dapat merusak ginjal. Kurangi konsumsi minuman bersoda atau berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kebiasaan minum yang berlebihan.

11. Minum Alkohol yang Berlebihan

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Perokok yang juga merupakan peminum berat memiliki risiko lima kali lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis. Jadi, kurangi konsumsi alkohol dan berhenti merokok untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Referensi

  1. Arnarson, Atli. 2020. 17 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Memiliki Penyakit Ginjal. https://www.healthline.com/nutrition/foods-to-avoid-with-kidney-disease#11.-Apricots. (Diakses pada 7 September 2020)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. 10 Kebiasaan Umum yang Bisa Merusak Ginjal Anda. https://www.kidney.org/content/10-common-habits-that-may-harm-your-kidneys. (Diakses pada 7 September 2020)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Diet Ramah Ginjal untuk Penyakit Ginjal Kronis. https://www.kidneyfund.org/kidney-disease/chronic-kidney-disease-ckd/kidney-friendly-diet-for-ckd.html. (Diakses pada 7 September 2020)
  4. Anonim. 2019. Apakah Makanan yang Anda Konsumsi Bisa Menyebabkan Batu Ginjal?. https://www.webmd.com/kidney-stones/kidney-stones-food-causes#1. (Diakses pada 7 September 2020)
  5. Fitzgerald, Kelly. 2013. Diet yang Tepat Dapat Mencegah Penyakit Ginjal. https://www.medicalnewstoday.com/articles/259203#1. (Diakses pada 7 September 2020)
  6. Johnson, Shannon. 2018. Ginjal Sehat dan Dasar Penyakit Ginjal. https://www.healthline.com/health/kidney-disease#symptoms. (Diakses pada 7 September 2020)

About The Author

Mengenal Quinoa, Makanan Super Sehat & Cara Mengonsumsinya

Mengenal 4 Fungsi Gendang Telinga dan Cara Merawatnya