Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Penyebab Kulit Penis Mengelupas dan Terasa Perih

Myles Bannister

Penyebab kulit penis mengelupas bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat beraktivitas seksual. Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk mencegah kondisi ini.

Gesekan

Penis mengalami pengelupasan dan rasa sakit akibat aktivitas seksual yang berlebihan. Misalnya, seks dengan intensitas tinggi atau masturbasi berlebihan. Gesekan antara tangan dan penis juga dapat menyebabkan luka.

Celana dalam yang tidak sesuai ukuran atau terbuat dari bahan kasar juga dapat menyebabkan gesekan pada penis.

Balantis

Balantis adalah infeksi yang sering terjadi pada kepala penis atau glans. Gejalanya meliputi pengelupasan kulit dan rasa sakit yang menyertai. Biasanya balantis terjadi pada pria yang tidak disunat atau tidak menjaga kebersihan penis dengan baik.

Infeksi jamur

Pria juga dapat mengalami infeksi jamur Candida, yang menyebabkan kemerahan dan rasa sakit pada permukaan penis, terutama pada area kepala penis. Infeksi ini juga dapat menyebabkan rasa terbakar saat buang air kecil dan aroma tidak sedap pada penis.

Genital psoriasis

Penyakit ini merupakan jenis penyakit autoimun yang tidak menular dan dapat menyerang area genital pada pria. Penis akan memerah dan bisa muncul sisik-sisik yang mengelupas. Jika terjadi kondisi ini, segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Herpes

Herpes adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Gejala herpes meliputi pengelupasan kulit pada penis dan munculnya lepuh kecil yang tampak seperti mengelupas. Untuk mencegah penyebaran herpes, penting bagi pria untuk selalu menjaga kesehatan dan menghindari aktivitas seks yang berisiko.

Eksim

Eksim dapat menyebabkan pengelupasan kulit pada penis serta pengerasan dan sisik-sisik yang terus muncul. Meskipun eksim tidak menular, kondisi ini dapat sangat menyakitkan dan sering disertai dengan bisul yang berisi nanah.

Sifilis

Pengelupasan kulit pada penis merupakan salah satu tanda sifilis. Gejala lainnya adalah rasa sakit dan aroma tidak sedap pada penis, serta rasa panas dan gatal di seluruh tubuh. Penting untuk segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan jika gejala ini muncul karena sifilis dapat berbahaya jika tidak diobati.

Itulah tujuh penyebab kulit penis mengelupas yang perlu diperhatikan. Jaga kebersihan penis dan perhatikan tanda-tanda yang mengkhawatirkan agar fungsi seksual dan reproduksi tetap terjaga.

Itulah tujuh penyebab kulit penis mengelupas yang perlu diperhatikan. Jaga kebersihan penis dan perhatikan tanda-tanda yang mengkhawatirkan agar fungsi seksual dan reproduksi tetap terjaga.

About The Author

7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Makan Daging

Fimosis: Penyebab, Gejala, Mengobati, dan Lainnya