Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Kulit di Tangan Mengelupas dan Terasa Tidak Nyaman

Myles Bannister

Penyebab kulit tangan mengelupas

Kulit di tangan cenderung lebih halus dibandingkan bagian lain seperti kaki. Namun, pada kondisi tertentu, kulit di tangan sering mengalami pengelupasan dan terasa tidak nyaman. Berikut beberapa hal yang memicu pengelupasan pada kulit tangan.

Sering terpapar sinar matahari

Kulit di tangan mudah mengelupas jika terkena paparan sinar matahari yang intens. Misalnya, jika kaki dan tangan terpapar sinar matahari secara berlebihan saat bepergian ke pantai. Ini dapat menyebabkan masalah seperti terbakar, melepuh, kulit merah, dan nyeri ketika disentuh.

Pada beberapa hari kemudian, kulit yang meradang sering mengelupas. Pengelupasan ini akan membuat kulit lama terbuang dan digantikan dengan kulit baru yang lebih sensitif. Biasanya, langkah awal dalam menangani rasa sakit adalah dengan menggunakan krim OTC dan penghilang rasa sakit dalam bentuk pil.

Pengaruh iklim atau musim

Kulit di tangan juga dipengaruhi oleh musim yang sedang terjadi. Selama musim hujan, masalah kulit tidak akan terlalu banyak terjadi. Yang penting adalah menjaga kebersihan kaki dan tangan. Namun, musim panas dengan suhu yang panas siang hari dan dingin malam hari, dapat menyebabkan gangguan pada kulit.

Kulit di tangan akan lebih kering dari sebelumnya saat musim panas. Selain itu, dapat terjadi pengelupasan pada beberapa bagian kulit. Ini adalah hal yang wajar terjadi, tetapi dapat dicegah dengan mudah. Jika Anda berada di dalam ruangan sebagian besar waktu dan sering menggunakan pelembab tangan, pengelupasan tidak akan terjadi.

Terpapar bahan kimia

Hampir setiap hari kita menggunakan banyak bahan kimia yang sebenarnya berbahaya. Salah satu produk kimia yang sering digunakan adalah campuran yang terdapat pada sabun mandi dan sabun cuci yang digunakan sehari-hari.

Beberapa orang mungkin tahan terhadap sabun cuci yang biasa mereka gunakan dan tidak mengalami gatal atau pengelupasan pada tangan. Namun, ada juga orang yang tidak tahan terhadap bahan kimia yang digunakan. Jika Anda sering menggunakan sabun cuci yang menyebabkan gatal, pengelupasan mudah terjadi.

Dicuci secara berlebihan

Mencuci tangan secara rutin baik untuk menjaga kesehatan kulit tangan dan mencegah pengelupasan. Namun, jika Anda terlalu sering mencuci tangan, mungkin akan muncul beberapa masalah. Selain pengelupasan, tangan juga dapat luka dan sangat nyeri.

Reaksi alergi

Setiap orang memiliki alergi yang berbeda-beda. Ada orang yang tidak mengalami masalah kulit tangan meskipun menggunakan berbagai produk. Namun, ada juga orang yang mudah mengalami gatal dan pengelupasan. Ini bisa terjadi karena alergi terhadap sesuatu. Ketika kulit menyentuh hal tersebut, reaksi alergi akan muncul.

Exfoliative keratolysis

Pengelupasan kulit ini sering terjadi pada remaja atau orang yang memiliki gaya hidup yang sangat aktif. Pengelupasan terjadi pada permukaan tangan dan kaki. Kondisi ini biasanya terjadi berkali-kali namun tidak terlalu berdampak besar. Namun, kulit yang baru terkelupas sangat sensitif. Jika tidak diatasi dengan baik, kulit dapat dengan mudah luka dan mengalami iritasi.

Mengalami psoriasis

Jika Anda mengalami psoriasis, kulit tangan akan lebih mudah mengelupas. Oleh karena itu, disarankan untuk segera mengunjungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan obat yang sesuai dengan kondisi saat ini. Biasanya, dokter akan memberikan obat topikal.

Penanganan dan pemeriksaan oleh dokter

Jika kulit tangan Anda sering mengelupas dan terasa tidak nyaman, segera lakukan penanganan. Jika dibiarkan, masalah kulit tangan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut beberapa penanganan alami yang dapat dilakukan:

  • Menggunakan krim oles yang dapat mencegah pengelupasan terus-menerus atau membuat daerah tersebut tidak mengering terus-menerus. Beberapa krim memberikan efek dingin sehingga Anda tidak perlu menggaruknya jika gatal.
  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan mencegah kontak dengan alergen atau bahan lain yang dapat menyebabkan gatal dan pengelupasan kembali.
  • Mencoba membuat tangan lebih lembab seperti merendamnya dengan air, menggunakan sarung tangan, dan mengonsumsi cukup air.

Jika beberapa cara di atas tidak membantu dan gejala-gejala berikut muncul, segera kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut:

  • Demam yang membuat Anda merasa tidak nyaman selama beberapa hari.
  • Kulit tangan terlihat sangat merah dan terasa sangat sakit ketika disentuh.
  • Nyeri di tangan semakin memburuk seiring berjalannya waktu dan mengganggu pekerjaan Anda.
  • Muncul nanah dan luka yang semakin parah pada beberapa bagian.

Itulah beberapa penyebab kulit tangan mengelupas. Dari beberapa penyebab di atas, apa yang sering terjadi dan dianggap biasa oleh banyak orang? Apapun yang terjadi pada kulit tangan, jika tidak nyaman, segera periksa diri Anda untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Itulah beberapa penyebab kulit tangan mengelupas. Dari beberapa penyebab di atas, apa yang sering terjadi dan dianggap biasa oleh banyak orang? Apapun yang terjadi pada kulit tangan, jika tidak nyaman, segera periksa diri Anda untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

About The Author

Bahaya Sinusitis Jika Dibiarkan! Apakah Bisa Jadi Tumor Sinusitis?

5 Manfaat Potensial Tawas yang Penting untuk Anda Tahu