Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Penyebab Kaki Mendadak Lemas dan Memicu Jatuh Saat Berjalan

Myles Bannister

Kaki yang mendadak lemah adalah tanda penyakit berbahaya. Jika kaki Anda sering lelah dan lemah tanpa alasan yang jelas, perhatikanlah. Mungkin ada masalah yang perlu segera diatasi.

Penyebab kaki mendadak lemah

Kaki yang lemah saat berjalan tidak terjadi begitu saja. Jika Anda baru berlatih di gym, mungkin wajar. Namun, jika tidak ada alasan jelas, waspada.

Slipped disc terjadi ketika pelindung tulang punggung rusak. Saraf di area tersebut akan tertekan dan terjadi robekan. Cedera ini bisa terjadi akibat kecelakaan atau faktor keturunan.

Slipped disc juga menyebabkan kelemahan pada otot di tubuh dan rasa gatal dan panas pada area yang terkena.

Sindrom Guillain-Barré

Sindrom Guillain-Barré adalah penyakit autoimun langka yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Serangan ini menyebabkan gatal, nyeri, dan kelemahan pada kaki dan tangan.

Serangan ini juga menyebabkan sensasi seperti ditusuk di berbagai area tubuh dan gangguan pada pergerakan wajah dan mata.

Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang saraf tubuh, menyebabkan kelemahan otot, kesulitan berjalan, dan tremor.

Penyakit ini juga menyebabkan nyeri dan perubahan pada tubuh serta penurunan kemampuan berpikir.

Stroke

Stroke terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah di otak. Hal ini mengakibatkan lemahnya beberapa alat gerak, nyeri, dan penurunan kemampuan berbicara.

Stroke juga menimbulkan perubahan pada kepala dan wajah serta penurunan kemampuan berpikir.

Myasthenia gravis

Myasthenia gravis adalah kondisi yang menyebabkan kelemahan otot dan masalah penglihatan, bicara, dan mengunyah.

Myasthenia gravis umumnya terjadi pada pria di bawah 60 tahun dan wanita di bawah 40 tahun.

Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit saraf keturunan yang menyebabkan penurunan kemampuan gerak, kecepatan gerak yang lambat, kaku di beberapa alat gerak, tremor, dan perubahan pada suara dan tulisan.

Tumor tulang belakang

Tumor tulang belakang bisa menekan saraf dan menyebabkan nyeri serta gangguan pada alat gerak. Tumor ini bisa menjadi kanker atau tidak.

Pastikan untuk mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter jika sering mengalami kelemahan pada kaki. Apapun penyebabnya, sebaiknya mengetahui kemungkinan terburuk.

About The Author

Jujube, buah dengan Manfaat Beragam

Mengenal Manfaat dan Kelebihan KB IUD