Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Penyebab Gatal di Kantung Zakar yang Berbahaya

Myles Bannister

Kalau Anda mengalami gatal di area kemaluan khususnya di skrotum, ada baiknya untuk tidak membiarkannya. Segera cek kalau gatal terus muncul dan berulang-ulang. Apabila ada perubahan pada kulit atau permukaan skrotum hingga muncul bisul, segera lakukan pemeriksaan.

Penyebab gatal pada skrotum

Penyebab gatal pada skrotum ada banyak dan kerap diabaikan oleh pria. Berikut beberapa pemicu gatal yang bisa jadi sangat berbahaya pada pria.

Iritasi

Iritasi adalah penyebab utama dari gatal yang terjadi di skrotum. Kondisi ini terjadi karena area itu memiliki kelembaban yang tinggi. Akibatnya, gesekan antara skrotum dan celana dalam menjadi tinggi dan terjadi berkali-kali.

Cara terbaik untuk mengatasi iritasi ini adalah dengan rutin mengganti celana dalam. Selain itu, penggunaan celana dalam dengan bahan katun yang lembut juga sangat membantu dalam mengurangi gesekan dengan kulit di skrotum. Gunakan celana dalam berukuran normal.

Kutil kelamin

Kutil kelamin yang tumbuh di area kemaluan disebabkan oleh virus HPV. Bakteri ini menyebar melalui aktivitas seks yang tidak sehat dan sentuhan. Virus ini menyebabkan kutil dalam jumlah banyak dan rasa gatal yang mengganggu.

Kutil kelamin tidak bisa disembuhkan dan dapat menyebabkan kanker pada penis.

Infeksi jamur

Area selangkangan yang selalu basah karena keringat dapat mengalami infeksi jamur. Kalau pria tidak menjaga kebersihan, jamur akan mudah tumbuh dan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Infeksi jamur ini bisa terjadi ketika kelembaban udara di area selangkangan meningkat. Kalau pria mudah berkeringat, rasa gatal bisa datang kapan saja dan menyebabkan luka dan infeksi lebih parah. Segera periksakan ke dokter jika merasakan gatal yang tidak nyaman dan muncul berkali-kali.

Gonore

Gonore merupakan penyakit menular seksual yang memicu rasa gatal dan tidak nyaman di skrotum. Rasa gatal ini juga berakhir dengan rasa sakit saat dipegang atau saat pria ejakulasi.

Tanda lain dari gonore ini adalah perasaan tidak nyaman saat kencing, panas pada penis, dan keluarnya cairan mirip nanah dengan warna dan aroma yang tidak sedap.

Herpes genital

Herpes genitalis sama dengan kutil kelamin. Sekali terkena virusnya, tidak akan bisa sembuh. Penyakit ini dipicu oleh virus yang ditularkan melalui aktivitas seks dan sentuhan. Sementara gejala bisa diringankan, penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Herpes biasanya membentuk cluster bisul kecil yang terasa gatal dan mengganggu. Rasa gatal juga disertai dengan perasaan tidak nyaman hingga tubuh terasa demam.

Klamidia

Klamidia hampir sama dengan gonore. Rasa gatal di skrotum akan dirasakan dan cukup intens. Selain itu, ada juga cairan dengan warna kuning kehijauan yang berbau tidak sedap. Lebih khusus, klamidia juga menyebabkan rasa nyeri di anus saat duduk atau buang air besar.

Trikomoniasis

Trikomoniasis juga disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi dengan cepat. Rasa gatal di skrotum dan penis akan terasa mengganggu. Selanjutnya saat ejakulasi, pria akan merasakan sakit yang sangat intens sehingga muncul perasaan tidak nyaman saat bercinta.

Cara menjaga kebersihan skrotum

Skrotum adalah salah satu organ yang sering terlupakan oleh pria. Padahal di dalam kantung ini ada testis yang menghasilkan testosteron. Jaga kebersihan skrotum dengan cara berikut:

  • Rutin mengganti celana dalam setiap hari. Celana dalam harus diganti setiap hari atau pagi dan sore agar lebih maksimal.
  • Membawa celana dalam cadangan saat bekerja di luar ruangan yang mudah membuat selangkangan berkeringat.
  • Mandi setelah melakukan seks untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan kotoran di kantung zakar.
  • Hindari menggunakan celana yang berlapis-lapis untuk mengurangi keringat dan panas di skrotum.
  • Bersihkan rambut di skrotum yang berlebihan agar tidak menjadi sarang bakteri.
  • Bersihkan dengan sabun secara telaten untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit di skrotum.

Jaga kebersihan skrotum sebagai hal yang harus dilakukan oleh pria. Dengan menjaga kebersihan skrotum, kemampuan reproduksi dan kesehatan skrotum dapat terjaga. Semoga informasi di atas bermanfaat dan mendorong kita untuk lebih rajin menjaga kebersihan.

Jaga kebersihan skrotum sebagai hal yang harus dilakukan oleh pria. Dengan menjaga kebersihan skrotum, kemampuan reproduksi dan kesehatan skrotum dapat terjaga. Semoga informasi di atas bermanfaat dan mendorong kita untuk lebih rajin menjaga kebersihan.

About The Author

Manfaat Konsumsi Labu Kuning untuk Penderita Diabetes

Bolehkah Makan Mie Instan saat Flu? Cek Penjelasannya di Sini