Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Presbiopi (Mata Tua): Penyebab, Gejala, Pengobatan, dll

Myles Bannister

Presbiopi ditandai dengan kemampuan melihat objek dari jarak dekat yang menurun. Kondisi ini sering disebut mata tua dan terjadi saat membaca buku, koran, atau melihat objek dari jarak dekat. Pilihan pengobatan termasuk penggunaan kacamata presbiopi atau operasi.

Apa Itu Presbiopi?

Presbiopi adalah hilangnya kemampuan mata untuk fokus pada objek yang dekat secara bertahap. Ini terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, biasanya mulai terlihat di pertengahan usia 40 hingga usia 65 tahun.

Seiring bertambahnya usia, lensa mata menjadi tidak fleksibel, menyulitkan untuk memfokuskan objek jarak dekat. Meskipun penyebabnya belum diketahui dengan pasti, presbiopi adalah bagian alami dari proses penuaan mata dan tidak bisa dicegah.

Efek presbiopi akan terus berlanjut seumur hidup. Oleh karena itu, penggantian kacamata secara berkala diperlukan untuk menjaga penglihatan dengan jelas dan nyaman.

Penyebab Presbiopi

Seiring bertambahnya usia, lensa mata dan serat ototnya menjadi kaku, sehingga lensa tidak dapat berubah bentuk dengan mudah. Akibatnya, lensa mata kehilangan kemampuan untuk memfokuskan cahaya ke retina, menyebabkan gambar yang tidak fokus.

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan presbiopi antara lain:

1. Usia

Presbiopi sering terjadi setelah usia 40 tahun.

2. Kondisi Medis

Rabun dekat atau penyakit tertentu seperti diabetes, multiple sclerosis, atau penyakit kardiovaskular dapat meningkatkan risiko presbiopi prematur, yaitu presbiopi pada orang di bawah 40 tahun.

3. Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antihistamin, dan diuretik dapat berhubungan dengan presbiopi prematur.

Gejala Presbiopi

Gejala presbiopi antara lain sulit membaca huruf-huruf kecil, membutuhkan pencahayaan terang saat membaca atau bekerja jarak dekat, serta sering menyipitkan mata.

Jika presbiopi mengganggu aktivitas sehari-hari, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai

Jika Anda mengalami tiba-tiba kehilangan penglihatan, penglihatan kabur, penglihatan ganda, atau melihat kilatan cahaya, bintik hitam, atau lingkaran cahaya di sekitar lampu, cari perawatan medis segera.

Diagnosis Presbiopi

Segera kunjungi dokter mata jika Anda mengalami gejala presbiopi atau memiliki faktor risiko. Pemeriksaan mata dapat mengidentifikasi tanda-tanda awal penyakit dan perubahan penglihatan.

Karena presbiopi adalah bagian dari proses penuaan mata, pemeriksaan mata rutin diperlukan untuk memantau kondisi.

Penanganan atau Pengobatan Presbiopi

Tidak ada obat khusus untuk presbiopi, tapi ada beberapa perawatan yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala. Pilihan perawatan termasuk penggunaan lensa korektif, lensa kontak, atau operasi.

1. Lensa Tanpa Resep

Jika Anda tidak membutuhkan kacamata sebelum presbiopi, Anda bisa menggunakan kacamata baca tanpa resep untuk membantu membaca atau pekerjaan jarak dekat.

2. Lensa Resep

Jika Anda membutuhkan kacamata dengan pembesaran yang sesuai, Anda bisa menggunakan kacamata bifocal, kacamata progresif, lensa trifocals, atau lensa kontak bifocal atau monovision.

3. Operasi

Operasi seperti conductive keratoplasty (CK), laser-assisted in-situ keratomileusis (LASIK), atau penggantian lensa mata dengan implan lensa intraokular juga dapat dilakukan untuk mengobati presbiopi.

Presbiopi adalah kondisi yang umum terjadi seiring bertambahnya usia, namun ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, seperti rutin memeriksa mata, mengontrol penyakit kronis, menggunakan kacamata pelindung, dan asupan makanan sehat.

Referensi

  1. Boyd, Kierstan. 2020. What Is Presbyopia?. https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-presbyopia.
  2. Giorgi Anna. 2017. Presbyopia. https://www.healthline.com/health/presbyopia.
  3. Mayo Clinic Staff. 2017. Presbyopia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/presbyopia/symptoms-causes/syc-20363328.
  4. Thompson, Vance. 2019. Presbyopia: What causes it and how to treat it. https://www.allaboutvision.com/conditions/presbyopia.htm.
  5. Wachler, Brian. 2018. What Is Presbyopia?. https://www.webmd.com/eye-health/eye-health-presbyopia-eyes.

About The Author

Bantu Kurangi Nyeri, Pilih 6 Minuman Ini saat Asam Lambung Naik!

7 Minyak Esensial untuk Meringankan Demam