Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Nutrisi untuk Kesehatan Mata

Myles Bannister

Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Mata

Mata membutuhkan nutrisi yang cukup untuk kesehatannya. Berikut beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh mata.

Vitamin A

Masalah kebutaan terbanyak di dunia disebabkan oleh defisiensi vitamin A. Oleh karena itu, vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan mata. Vitamin A yang terdapat dalam sayuran dan buah dengan warna merah dan oranye mencegah kebutaan di malam hari dan mengatasi kondisi mata kering. Pastikan untuk mengonsumsi sayuran dan buah dengan warna merah dan oranye secara teratur atau menggunakan suplemen vitamin A.

Lutein dan zeaxanthin

Menatap layar yang memancarkan cahaya biru dapat merusak mata. Dalam hal ini, makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin dapat melindungi mata dari cahaya berlebihan. Antioksidan ini bisa ditemukan dalam bayam dan kacang polong hijau.

Omega-3

Ikan laut yang mengandung omega-3 baik untuk kesehatan mata. Omega-3 juga penting untuk koordinasi antara otak dan mata serta mencegah gangguan yang disebabkan oleh penyakit. Pastikan asupan omega-3 cukup terutama jika Anda sering mengalami gangguan mata atau sedang hamil.

Gamma-Linolenic Acid

Gamma-Linolenic Acid adalah bentuk omega-6 yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini dapat mengurangi peradangan termasuk di mata. Gangguan seperti mata gatal, mata merah, dan iritasi dapat dicegah dengan mengonsumsi nutrisi ini secara teratur.

Vitamin E

Retina mata mengandung asam lemak yang tinggi. Defisiensi vitamin E dapat membuat mata rentan terhadap serangan radikal bebas. Oleh karena itu, vitamin E penting untuk mencegah kerusakan sel. Dapatkan asupan vitamin E dari biji bunga matahari, flax seed, dan almond.

Vitamin C

Vitamin C penting untuk kesehatan mata karena dibutuhkan dalam konsentrasi yang cukup oleh bagian permukaan mata. Kekurangan konsentrasi vitamin C dapat memicu gangguan mata yang serius. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, jambu merah, cabai, dan brokoli.

Seng

Seng dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan seng dapat menyebabkan masalah seperti kesulitan melihat di malam hari. Sumber seng alami antara lain tiram, daging, dan biji labu.

Kebiasaan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengonsumsi nutrisi di atas, ada beberapa kebiasaan baik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Gunakan kacamata atau helm saat di luar ruangan yang berdebu atau saat mengendarai motor untuk melindungi mata dari radikal bebas dan patogen.
  • Hindari menatap sumber sinar yang terlalu terang, seperti matahari di siang hari.
  • Redakan mata dengan berhenti sebentar saat bekerja atau menatap layar yang memancarkan cahaya, dan gunakan kacamata anti radiasi jika perlu.
  • Membaca dalam posisi duduk dengan jarak yang tepat antara mata dan teks.
  • Pastikan ruangan terang saat membaca agar mata tidak terlalu terbebani.

Itulah beberapa nutrisi yang dapat mengoptimalkan kesehatan mata. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini secara teratur akan menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan yang mempengaruhi fungsinya. Apa yang sudah Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata?

About The Author

Makan Kangkung Bisa Picu Hipertensi?

Mengenal Jenis Cedera pada Penis yang Harus Dipahami Pria