Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Lebih Sehat Susu Dingin atau Susu Hangat?

Myles Bannister

Memilih susu hangat atau susu dingin

Susu hangat ataupun susu dingin memiliki kandungan sehat seperti vitamin, kalsium, fosfor, protein, dan lain-lain. Namun, banyak orang khawatir dengan susu dingin karena disinyalir menjadi penyebab radang tenggorokan. Di sisi lain, ada orang yang berpendapat bahwa susu hangat mengalami penurunan kualitas akibat paparan air panas. Faktanya, pakar kesehatan menyatakan bahwa pandangan ini tidaklah benar. Keduanya tetap memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Sebagai gantinya memperdebatkan susu hangat atau susu dingin yang lebih baik, pakar kesehatan melihat ini lebih sebagai pilihan selera individu. Jika kita merasa lebih nyaman mengonsumsi satu jenis susu daripada yang lain, maka kita bisa secara rutin mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Susu hangat memiliki kelebihan dalam membuat perut merasa nyaman dan membantu fungsi pencernaan. Bahkan, konsumsi susu hangat di malam hari dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Sementara itu, susu dingin lebih cocok dikonsumsi saat suhu udara panas atau saat merasa haus. Susu dingin juga dapat menjadi pilihan menyegarkan dan dapat membantu mengatasi sensasi stres.

Manfaat rutin minum susu

Pakar kesehatan menyebut banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dengan rutin minum susu, baik itu susu dingin ataupun susu hangat.

Berikut beberapa manfaat tersebut.

Bisa membantu proses detoksifikasi

Susu dapat membantu tubuh dalam menjalankan proses detoksifikasi atau menetralisir racun. Kita sering tidak menyadari bahwa makanan atau minuman yang kita konsumsi mengandung bahan kimia atau zat beracun lainnya. Susu dapat membantu menetralkan berbagai racun ini sehingga tidak berdampak negatif pada kesehatan.

Baik bagi kesehatan tulang

Salah satu manfaat utama susu yang terkenal adalah membuat tulang menjadi lebih kuat. Kalsium dalam susu sangat tinggi dan juga terdapat nutrisi penting lainnya yang dapat mencegah berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis atau masalah gigi.

Kandungan kalsium juga bermanfaat bagi kesehatan organ kardiovaskular.

Bisa membantu mengendalikan tekanan darah

Berdasarkan penelitian di Spanyol yang melibatkan 5 ribu orang, rutin minum susu dapat menurunkan risiko hipertensi hingga 54 persen. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalium dalam susu yang membantu mengendalikan tekanan darah dan cairan tubuh secara efektif. Tekanan darah yang normal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke yang fatal.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Susu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan adanya kandungan selenium di dalamnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kita akan lebih tahan terhadap penyakit. Selain itu, susu juga kaya akan asam linoleat atau asam alfa linoleat yang mampu mencegah penyakit jantung dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri.

About The Author

Bolehkah Ibu Hamil Makan Sate? Cek Faktanya!

Sebelum Pasang Kawat Gigi, Yuk Kenali Dokter Gigi Spesialis Ortodonti