Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Ciri-Ciri Leukimia yang Mudah Anda Kenali

Myles Bannister

Ciri-Ciri Leukimia pada Anak dan Dewasa

Sebelum menjelaskan mengenai ciri-ciri penyakit leukimia, perlu Anda ketahui bahwa leukemia pada anak ada yang bersifat akut dan kronis. Berbeda dengan leukemia akut, leukemia kronis lebih banyak dialami oleh orang dewasa dan perkembangannya lebih lambat.

Berikut adalah ciri-ciri leukimia yang bisa Anda kenali:

1. Melemahnya daya tahan tubuh

Tubuh mudah terkena infeksi dan sering demam. Sel darah putih yang abnormal membuat kuman yang masuk tidak bisa dilawan oleh sel darah putih. Sel darah putih bertugas melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Anak jadi rentan kena infeksi dan sering demam. Demam dan infeksi adalah tanda awal leukemia. Demam pada leukemia biasanya lebih dari 38 derajat celcius yang berlangsung beberapa hari dan sering terjadi.

2. Anemia

Tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ciri-ciri leukimia pada anak umumnya terlihat dengan muka pucat, tidak bertenaga, gampang lelah, dan sesak napas.

3. Nyeri tulang

Rasa nyeri tulang disebabkan oleh leukimia yang semakin memburuk seiring waktu karena sumsum tulangnya terakumulasi sel-sel darah putih yang abnormal.

4. Kelenjar yang bengkak

Kelenjar getah bening membengkak akibat sel darah putih yang abnormal. Bengkaknya kelenjar dapat terlihat di pangkal paha, leher, dan ketiak dada.

5. Mudah berdarah dan memar

Anak dengan leukimia mudah memar dan berdarah akibat tingkat pembekuan darah yang rendah. Rendahnya tingkat trombosit pada tubuh mengakibatkan pembekuan darah yang lambat.

6. Pembesaran hati atau limpa

Penumpukan sel darah abnormal di hati atau limpa menyebabkan perasaan kenyang, pembengkakan pada hati dan limpa dapat terlihat atau teraba pada perut bagian atas.

7. Masalah gusi

Leukimia dapat menyebabkan masalah pada gusi seperti bengkak dan berdarah.

8. Muncul ruam

Ruam kulit bisa disebabkan oleh leukimia.

9. Muntah

Muntah adalah gejala umum pada beberapa penyakit termasuk leukimia.

10. Batuk

Leukimia memengaruhi organ-organ di sekitar dada seperti kelenjar getah bening yang dapat menyebabkan batuk.

11. Kelelahan ekstrem

Kelelahan yang sangat parah dapat terjadi akibat sel-sel leukimia berkumpul di dalam darah dan menghambat pembuluh darah kecil di otak.

Itulah ciri-ciri leukimia yang bisa dikenali. Selain beberapa ciri-ciri di atas, tanda lain yang mungkin terjadi adalah mimisan, kesulitan bernapas, menurunnya berat badan, sakit kepala, dan keringat berlebihan pada malam hari.

About The Author

Perut Buncit dan Susah BAB: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Obat Metadon – Sediaan, Indikasi, & Efek Samping