Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Menghitung Denyut Nadi

Myles Bannister

Denyut nadi adalah frekuensi berdenyutnya arteri atau pembuluh darah bersih dalam satu menit. Denyut nadi bisa dirasakan di pergelangan tangan, bagian dalam siku, dan di bagian leher (dekat bagian belakang telinga).

Denyut nadi normal pada manusia dewasa berkisar antara 60-100 kali per menit. Jumlah ini bisa berbeda bergantung pada usia dan tingkat kebugaran seseorang. Posisi tubuh, aktivitas fisik, suhu udara, dan emosi juga bisa memengaruhi denyut nadi. Pemakaian obat-obatan tertentu juga dapat mempengaruhi denyut nadi.

Jika Anda ingin menghitung denyut nadi, caranya sangat mudah. Cari titik denyut nadi di pergelangan tangan, leher, atau siku bagian dalam. Tekan dengan ujung jari telunjuk dan jari tengah dan hitung denyut nadi selama 15 detik. Jumlah denyut nadi selama 15 detik bisa dikalikan dengan 4 untuk mendapatkan jumlah denyut nadi per menit.

Jika Anda merasa denyut nadi Anda tidak normal dan mengalami gejala lainnya, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Menghitung denyut nadi secara rutin penting untuk mendeteksi penyakit, memeriksa fungsi jantung, dan mengetahui kondisi tubuh secara keseluruhan.

Untuk menjaga denyut nadi normal dan mempertahankan kesehatan tubuh, penting untuk menjaga pola hidup sehat dengan makan sehat, tidur cukup, dan berolahraga secara teratur.

About The Author

Antibodi: Mekanisme Kerja, Jenis, dll

Infeksi Otak – Pengertian, Penyebab, dan Pengobatan