Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Lebih Sehat Mana, Jus Dingin atau Jus Biasa?

Myles Bannister

Memilih jus dingin atau jus biasa

Sama-sama terbuat dari buah-buahan, jus dingin biasanya memiliki daya tarik tersendiri karena dianggap lebih segar dibandingkan jus biasa. Namun, pakar kesehatan mengatakan suhu jus juga harus dipertimbangkan untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat jus.

Kondisi kesehatan

Pakar kesehatan menyebut jus buah bisa dikonsumsi kapan saja. Namun, jika ingin mengonsumsinya dengan es, pastikan tubuh sedang fit agar tetap bisa mendapatkan manfaat segarnya. Jika sedang flu atau peradangan, sebaiknya tidak mengonsumsi jus dengan es karena dapat memperburuk kondisi peradangan.

Cuaca

Saat cuaca panas, mengonsumsi jus buah memberikan kesegaran. Pastikan es batu yang digunakan terbuat dari air matang dan ditempatkan di wadah yang higienis. Jika es batu dibuat dari air mentah, dapat menyebabkan infeksi bakteri atau penyakit.

Kondisi gigi

Jika memiliki masalah gigi sensitif, hindari minuman dingin atau jus dengan es karena dapat menyebabkan sensasi ngilu. Penderita gigi sensitif disarankan minum jus dengan suhu biasa. Namun, jika tidak ada masalah gigi sensitif, dapat mengonsumsi jus dingin dengan nyaman.

Nutrisi dari jus

Tidak ada perbedaan besar antara kandungan nutrisi buah dengan atau tanpa es. Perlu mempertimbangkan apakah jus berasal dari buah asli atau jus buah kemasan. Jus buah kemasan memiliki kadar nutrisi yang lebih rendah dibanding jus buah asli.

Dampak mengonsumsi jus kemasan

Jus buah asli dan jus buah kemasan memiliki perbedaan. Jus buah asli memiliki gula alami, sedangkan jus buah kemasan seringkali memiliki pemanis tambahan. Mengonsumsi jus buah kemasan dapat berdampak pada kesehatan.

Berikut adalah dampak mengonsumsi jus buah kemasan.

Peningkatan kadar gula darah

Dr. Matthew Pase dari Swinburne University of Technology menyebut minum jus buah kemasan dengan pemanis tambahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung.

Meningkatkan berat badan

Jus buah kemasan mengandung pemanis buatan dan bahan selain buah, sehingga kandungan kalorinya tinggi. Jika tidak aktif berolahraga, asupan kalori berlebihan akan menyebabkan penumpukan lemak dan peningkatan berat badan. Obesitas meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya.

Merusak pola makan

Mengonsumsi jus buah kemasan akan menyebabkan asupan gula dan kalori berlebihan, yang dapat mengganggu pola makan yang seimbang dan menyebabkan masalah kesehatan.

Sebaiknya meminum jus buah asli daripada jus buah kemasan yang kurang sehat.

Sebaiknya meminum jus buah asli daripada jus buah kemasan yang kurang sehat.

About The Author

Manfaat Ampas Kopi Bagi Kulit dan Rambut

Makan Martabak Manis di Malam Hari, Apa Manfaat & Bahayanya?