Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Tidur Lebih Awal bagi Kesehatan

Myles Bannister

Manfaat tidur Lebih Awal

Pakar kesehatan menyebut ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan tidur lebih awal.

Berikut adalah manfaat kesehatan tersebut.

Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Penelitian Profesor Matthew Walker dari University of California, Amerika Serikat menunjukkan bahwa tidur lebih awal meningkatkan kualitas tidur dengan signifikan. Siklus tidur berlangsung setiap 90 menit, di mana otak bergantian antara fase rapid eye movement (REM) dan non-REM.

Dengan tidur lebih awal, tubuh akan lebih rileks dan tidur menjadi nyenyak. Ketika bangun, kita pun merasa segar.

Menurunkan Risiko Penyakit

WHO menyebut tidur lebih awal membantu menurunkan risiko penyakit, termasuk kanker. Hal ini disebabkan oleh ritme sirkadian yang berjalan dengan baik dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh bisa melawan penyakit dan mencegah kerusakan sel sehingga mencegah kanker.

Penyakit lain yang dapat dicegah dengan tidur lebih awal adalah penyakit kardiovaskular dan kanker.

Membuat Jantung Lebih Sehat

Tidur lebih awal membantu menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Hal ini juga mencegah stroke, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian menunjukkan bahwa 7 dari 10 siswa tanpa waktu tidur yang cukup mengalami gangguan daya ingat dan kesulitan belajar. Tidur cukup sekitar 7-8 jam setiap malam memiliki dampak besar pada fungsi kognitif dan memori otak.

Tidur cukup juga meningkatkan kemampuan otak dalam mengelola memori jangka panjang dan informasi.

Mengendalikan Berat Badan

Tidak tidur cukup mengacaukan hormon kortisol, hormon stres dan pengendali nafsu makan. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah, yang membuat nafsu makan tidak terkendali.

Jika kita makan berlebihan, berat badan mudah naik. Selain itu, asupan kalori berlebihan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Lebih Bahagia

Tidur lebih awal membuat kita lebih bahagia. Bangun pagi, menikmati waktu sebelum beraktivitas, dan merasakan hangatnya matahari pagi dapat membaikkan suasana hati dan mengurangi stres. Kita akan merasa lebih bahagia.

Menurunkan Risiko Kecelakaan

Tidur lebih awal dan cukup setiap malam meningkatkan kewaspadaan tubuh, mencegah kecelakaan dan tindakan berbahaya.

Sumber:

  1. 2017. 14 Health Benefits of Sleeping Early (Supercharge Your Life Tonight!). thegoodbody.com/benefits-of-sleeping-early/.(Diakses pada 5 Oktober 2019).

About The Author

Meski Asam, Ini 11 Manfaat Cranberry yang Berguna untuk Tubuh

Mengenali Dampak Kotoran Kucing bagi Kesehatan