Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Cara Move On yang Efektif, Ampuh Lupakan Mantan

Myles Bannister

Move on adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan usaha seseorang dalam melupakan sosok yang pernah dicintainya. Bagaimana cara move on dari mantan yang pernah Anda cintai? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Berbagai Cara Terbaik untuk Cepat Move On

Move on adalah tentang melupakan masa lalu dan membuka hati yang baru setelah mengalami putus cinta atau perceraian. Proses ini akan membantu Anda dalam penyembuhan diri dan memberikan dampak positif.

Berikut ini beberapa cara efektif untuk move on setelah putus cinta:

1. Dapatkan Dukungan dari Orang Terdekat

Dukungan sosial menjadi kunci utama dalam mempercepat proses move on setelah mengalami putus cinta. Dukungan ini dapat datang dari teman, keluarga, atau rekan kerja.

Dukungan dari orang-orang di sekitar Anda tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga membantu Anda menemukan solusi dan mendapatkan penghiburan.

2. Konsultasikan dengan Psikolog

Seorang psikolog dapat memberikan tips dan bimbingan tentang cara move on. Mereka membantu Anda belajar dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, mereka juga menyediakan ruang yang aman dan membantu Anda mengatasi permasalahan dengan pendekatan yang produktif.

Psikolog juga dapat mengajarkan Anda keterampilan dalam mengelola emosi agar intensitasnya berkurang. Hal ini sangat penting jika Anda merasa putus asa, depresi, atau mengalami kecemasan yang berkelanjutan.

3. Memelihara Hewan Peliharaan

Saat sedang merasa sedih dan tidak ingin berkumpul dengan orang lain, Anda dapat mengadopsi hewan peliharaan seperti kucing. Perilaku hewan peliharaan tersebut dapat memberikan hiburan bagi Anda.

Mempelihara hewan selama masa sulit secara emosional dapat memberikan perasaan cinta dan dukungan emosional tanpa syarat yang tak tertandingi.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan tidak hanya memberikan manfaat psikologis, tetapi juga memiliki manfaat fisiologis. Memiliki kucing atau anjing dapat mengurangi kecemasan, stres, meningkatkan kesehatan jantung, dan membantu tidur lebih nyenyak.

4. Curhat dengan Menulis

Saat mengalami patah hati, cobalah menulis untuk membantu Anda move on. Penelitian menunjukkan bahwa menulis narasi yang ekspresif cenderung mengurangi detak jantung dan membantu tubuh beradaptasi dengan tekanan fisik.

Sebaiknya, cobalah menggabungkan perasaan Anda ke dalam sebuah cerita daripada menuliskan perasaan secara acak.

5. Mengenal Diri Sendiri Lebih Dalam

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih memperhatikan diri sendiri dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi cenderung sembuh lebih cepat dari patah hati.

Sehingga, salah satu cara cepat move on adalah dengan mengenali diri Anda sendiri. Setelah putus cinta, Anda mungkin mengalami kehilangan identitas atau merasa tidak mengetahui diri sendiri lagi. Cobalah untuk kembali mengingat siapa diri Anda sebelum memiliki hubungan tersebut. Misalnya, musik apa yang Anda sukai atau hal-hal apa yang selalu Anda ingin lakukan tetapi tidak bisa karena keterikatan dalam hubungan. Perhatikan keinginan Anda sendiri dan lakukan apa yang Anda anggap benar.

6. Cintai Diri Sendiri

Cara terbaik untuk move on dari hubungan yang gagal adalah dengan mencintai diri sendiri. Bagi sebagian orang, ini mungkin menjadi hal yang sulit dilakukan.

Namun, percayalah bahwa Anda pantas memiliki hubungan yang sehat dengan seseorang yang membagikan nilai-nilai yang sama, memperlakukan Anda dengan baik, dan memberi Anda ruang untuk bertumbuh secara positif.

Memaafkan juga merupakan bagian penting dari mencintai diri sendiri. Jangan menyalahkan diri sendiri dengan mencela karena hal tersebut hanya akan menghasilkan emosi negatif dan menghambat proses penyembuhan.

7. Kembali pada Hobi dan Minat Anda

Karena banyaknya waktu yang dihabiskan bersama mantan, mungkin hobi-hobi Anda telah terbengkalai. Misalnya, Anda mungkin menggantikan kegiatan membaca buku di malam hari dengan menelepon mantan Anda.

Mulailah mengalokasikan waktu kembali untuk hobi-hobi Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan melupakan mantan tersebut.

8. Terimalah Kenyataan

Jangan mencari kesalahan pada diri sendiri. Hubungan asmara tidak selalu berakhir dengan baik, tetapi menyisakan rasa sakit yang perlu Anda obati.

Terimalah kenyataan bahwa hubungan tersebut telah berakhir dan mulailah perbaiki diri dan mencari pasangan baru.

9. Ubah Amarah Menjadi Rasa Syukur

Jangan membenci mantan dan jangan menceritakan kepada semua orang bahwa mereka adalah orang jahat. Sebaliknya, segera lepaskan perasaan negatif dan bersyukur atas pelajaran yang telah Anda dapatkan. Fokuslah pada hubungan yang baru dan cari kebahagiaan di masa depan.

10. Alihkan Pikiran Negatif

Cobalah untuk berolahraga di sore hari setelah pulang kerja untuk mengalihkan pikiran negatif. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa melakukannya di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Bergabunglah dengan komunitas olahraga untuk meningkatkan sosialisasi dan peluang bertemu dengan orang yang baru.

11. Buka Hati untuk Orang Baru

Mengingat kembali masa lalu dapat membuat sulit untuk move on. Oleh karena itu, beri ruang pada orang baru dan lepaskan masa lalu. Tetapkan tujuan jangka pendek, latih rasa syukur, dan bangun ikatan baru dengan orang lain.

Itulah beragam cara cepat move on yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat, Teman Sehat!

Referensi

  1. Casabianca, Sandra S. 2022. How to Let Go of Past Hurts: 8 Ways to Move On. https://psychcentral.com/blog/how-to-let-go-of-the-past-and-hurt. (Diakses pada 3 Oktober 2022)
  2. Gladd, Isabella. 2017. 10 Steps To Moving On. https://www.everydayhealth.com/emotional-health/10-steps-moving-on/. (Diakses pada 3 Oktober 2022)
  3. Raypole, Crystal. 2020. How to Stop Loving Someone and Start Moving On. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-loving-someone#acknowledge-the-truth. (Diakses pada 3 Oktober 2022)

About The Author

Manfaat Berenang yang Jarang Diketahui

Wood’s Lamp Exam: Memeriksa Kondisi Kulit dengan Efektif