Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Push Up Bila Dilakukan Secara Rutin

Myles Bannister

Manfaat Push Up untuk Tubuh

Push up memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama terkait kebugaran dan kesehatan. Selain itu, bentuk tubuh yang ideal bisa didapatkan dengan melakukan latihan push up secara rutin dan dalam jumlah yang cukup banyak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat push up untuk tubuh:

1. Membentuk otot-otot

Push up bisa membentuk otot jika dilakukan rutin. Latihan push up setiap hari bisa membentuk kelompok otot secara efektif. Gerakan push up akan merangsang otot menjadi lebih padat. Lakukanlah push up minimal lima menit sehari dan milikilah tubuh yang berotot.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh

Otot-otot yang terbentuk karena push up akan memberikan kekuatan pada tubuh. Masa otot memberikan energi yang banyak terhadap kekuatan tubuh. Inilah alasan mengapa pria lebih kuat daripada wanita.

Ini dikarenakan massa otot yang dimiliki pria lebih besar daripada wanita. Jadi semakin besar massa otot yang dimiliki maka semakin besar kekuatan tubuh yang terbentuk. Anda bisa memiliki tubuh yang kuat hanya dengan melakukan push up rutin.

3. Meningkatkan kesehatan dan vitalitas

Push up bisa meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh. Gerakan push up bisa meregangkan otot-otot bisep.

Peregangan otot bisep bisa meningkatkan fleksibilitas dan mencegah cedera otot.

4. Mencegah osteoporosis

Otot dan tulang yang sehat sangat penting untuk produktivitas tubuh terutama bagi yang memiliki banyak kegiatan fisik.

Osteoporosis bisa dicegah dengan melakukan push up rutin. Manfaat push up bisa menjaga kepadatan tulang agar terhindar dari osteoporosis.

5. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular tubuh

Push up juga bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular tubuh. Gerakan push up merangsang pembentukan otot dan memicu kerja jantung lebih keras.

Saat melakukan push up, jantung akan bekerja lebih keras untuk mendistribusikan darah bersih ke jaringan otot. Hal ini berdampak pada kesehatan sistem kardiovaskular tubuh. Jantung sehat dan aliran darah yang lancar dapat didapatkan dengan melakukan push up rutin.

6. Meningkatkan postur tubuh

Postur tubuh yang bagus menjadi dambaan semua orang terutama pria. Otot inti yang kuat membuat tubuh memiliki postur yang ideal. Gerakan push akan memicu otot inti menjadi kuat sehingga didapatkan postur tubuh yang kekar dan ideal.

Latihan push up juga membuat tubuh terbiasa pada posisi yang bagus.

7. Mencegah cedera bahu dan punggung bawah

Manfaat push up bisa mencegah terjadinya cedera terutama pada bahu dan punggung bawah. Gerakan push up membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

Latihan push up mendukung kekuatan otot primer dan sekunder pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

About The Author

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil dan Janin

Etoposide: Fungsi, Dosis, Efek Samping, dan Lainnya