Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Tips Mengobati Jantung Lemah

Myles Bannister

Jantung lemah adalah kondisi saat otot jantung melemah dan tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. Meskipun beberapa orang menganggap jantung lemah sebagai kondisi di mana jantung berhenti bekerja sama sekali, namun itu adalah definisi yang keliru.

Jantung lemah juga sering disebut sebagai gagal jantung. Meskipun tidak selalu bisa sembuh sepenuhnya, kondisi ini bisa dikendalikan dan dicegah agar pasien tetap dapat hidup lebih lama.

Penyebab jantung lemah meliputi tekanan berlebih pada jantung, gangguan detak jantung, penyakit lain seperti anemia, penyumbatan aliran darah dari jantung seperti stenosis aorta, dan kerusakan fungsi jantung akibat darah tinggi atau serangan jantung.

Cara Mengatasi Jantung Lemah

Olahraga rutin selama minimal 30 menit, lima kali seminggu dapat membantu mengatasi jantung lemah. Beberapa jenis olahraga yang disarankan adalah aerobik, jogging, dan berenang. Hindari olahraga ekstrem dan sesuaikan lama olahraga dengan kemampuan Anda.

Gaya hidup juga berperan penting dalam memperkuat jantung. Berhenti merokok karena zat karbonmonoksida pada rokok dapat mengakibatkan pengerasan pada pembuluh darah. Kurangi juga asupan makanan tinggi lemak, kolesterol, dan garam. Mengurangi garam akan membantu mengurangi kerja jantung yang berlebihan.

Pengobatan Jantung Lemah

Pengobatan jantung lemah tergantung pada gejala dan jenis penyakit yang dialami. Pilihan pengobatan meliputi:

  • Transplantasi jantung
  • Ventricular assist devices (VAD)
  • Obat tekanan darah tinggi

Pastikan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

About The Author

Manfaat Pucuk Merah bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil yang Sayang untuk Dilewatkan