Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Manfaat Singkong untuk Ibu Hamil

Myles Bannister

Pola makan yang kaya nutrisi sangat penting untuk ibu hamil yang ingin menjaga kesehatannya, dan salah satu makanan yang dapat memberikan manfaat tersebut adalah singkong. Berikut adalah berbagai manfaat singkong untuk ibu hamil:

Kandungan Nutrisi Singkong

Singkong adalah jenis umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral. Dalam 1 cangkir singkong mentah terkandung berbagai nutrisi seperti:

  • Kalori: 330
  • Protein: 2,8 gram (g)
  • Karbohidrat: 78,4 g
  • Serat: 3,7 g
  • Kalsium: 33,0 miligram (mg)
  • Magnesium: 43,0 mg
  • Kalium: 558,0 mg
  • Vitamin C: 42,4 mg
  • Tiamin: 0,087 mg
  • Riboflavin: 0,048 mg
  • Niasin: 0,854 mg

Singkong memiliki kandungan protein dan lemak yang rendah. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi singkong sebagai makanan pokok mungkin perlu mengonsumsi tambahan protein atau suplemen protein untuk menghindari masalah gizi.

Manfaat Singkong untuk Ibu Hamil

Singkong merupakan umbi-umbian yang memiliki peranan penting sebagai sumber karbohidrat selama kehamilan. Berbagai manfaat singkong untuk ibu hamil dapat dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini adalah manfaat singkong untuk ibu hamil:

1. Menghindari Risiko Penyakit selama Kehamilan

Singkong mengandung berbagai vitamin penting seperti vitamin A, B kompleks, C, dan K. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan penglihatan yang sering mengalami gangguan selama kehamilan atau saat persalinan.

Vitamin B kompleks dalam singkong berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan energi.

Vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi yang penting bagi ibu hamil dan mencegah risiko anemia. Vitamin K dalam singkong juga bermanfaat untuk menjaga kelancaran kehamilan, mencegah mual di awal kehamilan, meningkatkan pertumbuhan tulang, dan mencegah osteoporosis.

2. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat dalam singkong dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga ibu hamil terbebas dari masalah konstipasi, diare, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya yang sering terjadi selama kehamilan.

Serat juga membantu menurunkan berat badan sehingga ibu hamil dapat tetap menjaga penampilannya meskipun mengalami kenaikan berat badan yang wajar selama kehamilan.

3. Membentuk Sel Darah Merah

Kandungan zat besi dalam daun singkong dapat mengurangi risiko anemia yang sering terjadi selama kehamilan. Dengan produksi sel darah merah yang cukup, risiko dan gejala anemia dapat dikurangi.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Kalori dan protein dalam daun singkong dapat mendukung pertumbuhan janin dan menjaga organ-organ dalam ibu hamil. Protein juga membantu meningkatkan antibodi, pembentukan darah, gigi, dan tulang pada janin.

5. Kaya Kandungan Antioksidan

Beta-karoten dalam singkong merupakan antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk melindungi kulit dari sinar matahari, mencegah penyakit jantung, kanker, dan penyakit terkait penuaan.

6. Menjaga Nafsu Makan

Karbohidrat dalam singkong merupakan sumber energi yang dapat menjaga nafsu makan ibu hamil. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa singkong memiliki efek peningkatan nafsu makan.

Meskipun memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa singkong mengandung zat kimia yang disebut glikosida sianogen. Jadi, penting untuk mempersiapkan singkong dengan benar sebelum dikonsumsi untuk menghindari keracunan sianida.

Disarankan bahwa mengonsumsi singkong secara teratur sebagai makanan utama dalam diet selama kehamilan dan menyusui tidak aman dan dapat menyebabkan cacat lahir dan masalah pada fungsi tiroid bayi.

7. Meningkatkan Asupan Asam Folat

Asam folat sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi. Dalam singkong terdapat kandungan asam folat yang tinggi yang dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi, membentuk plasenta, sistem saraf janin, mencegah anemia, dan mengurangi risiko preeklamsia.

Itulah beberapa manfaat singkong bagi ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Referensi

About The Author

22 Cara Memutihkan Badan yang Cepat dan Aman

Hernia Diafragmatika: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan