Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Mengatasi Perut Panas setelah Makan Pedas

Myles Bannister

Perut panas setelah makan pedas bisa dinetralisir dengan makanan atau minuman tertentu, seperti pepaya atau susu. Jika Anda sering mengalami perut panas setelah makan makanan pedas, simak penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Perut Panas setelah Makan Pedas

Makanan pedas bisa menyebabkan perut terasa panas karena mengandung capsaicin yang menempel pada reseptor rasa sakit di lambung, menyebabkan sensasi panas atau sakit.

Beberapa orang mungkin tidak bermasalah dengan makanan pedas. Bahkan, mengonsumsi cabai dalam jangka panjang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan perut dan gejala mulas. Capsaicin diketahui mencegah tukak lambung dan meningkatkan perlindungan lapisan lambung.

Cara Mengatasi Perut Panas setelah Makan Pedas

Perut panas setelah makan pedas bisa mengganggu kenyamanan Anda. Namun, Anda dapat mengatasi sensasi panas tersebut dengan makanan dan minuman tertentu. Berikut adalah tips untuk mengurangi perut panas:

1. Menambahkan Susu

Tambahkan susu atau yoghurt ke makanan pedas untuk menetralkan sensasi panas. Gunakan produk susu tinggi lemak untuk hasil terbaik.

2. Hidangkan Bersama Makanan Berpati

Mengombinasikan makanan pedas dengan makanan berpati seperti roti, nasi putih, atau kentang rebus dapat mengurangi sensasi panas di perut.

3. Menambahkan Asam

Makanan yang mengandung asam, seperti lemon, jeruk nipis, cuka, anggur, tomat, atau nanas, dapat membantu menetralkan rasa pedas.

4. Teh Peppermint

Teh peppermint dapat meredakan masalah pencernaan seperti mulas, muntah, atau sakit perut. Seduh daun peppermint kering dengan air panas dan minum.

5. Jahe

Jahe memiliki efek menguntungkan pada perut. Gunakan jahe segar dalam bentuk teh atau tambahkan ke makanan dan minuman Anda.

6. Madu Mentah

Madu mentah memiliki enzim pencernaan yang membantu melancarkan proses pencernaan dan menetralkan sensasi panas di perut.

7. Lemak

Konsumsi makanan yang mengandung lemak, seperti selai kacang, minyak zaitun, atau cokelat susu, dapat membantu menenangkan efek capsaicin di perut.

8. Pisang dan Alpukat

Pisang dan alpukat memiliki tekstur yang membantu mengikat capsaicin dan meredakan sensasi panas di perut.

9. Pepaya

Mengonsumsi pepaya segar dapat membantu menetralisir efek panas dari makanan pedas.

10. Arang Aktif

Mengonsumsi roti panggang dengan arang aktif dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan sakit perut.

11. Biji Adas dan Jintan

Biji adas dan jintan memiliki sifat antiperadangan dan dapat meredakan pembengkakan serta sensasi panas di perut.

Cara-cara di atas dapat membantu mengatasi sensasi perut panas setelah makan makanan pedas. Jika masalah perut panas sering berlanjut atau tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi

  1. Anonim. Tanpa Tahun. How To Cool Down Spicy Food. https://gran.luchito.com/food/how-to-cool-down-spicy-food/
  2. Connolly, Brian. Tanpa Tahun. Remedies for Upset Stomach from Spicy Food. https://www.livestrong.com/article/521984-remedies-for-upset-stomach-from-spicy-food/
  3. Hasan, SM Kamal. Tanpa Tahun. How To Neutralize Spicy Food In Stomach In 14 Ways. https://wholesomealive.com/how-to-neutralize-spicy-food-in-stomach/ (Diakses pada 6 Oktober 2021)
  4. Patterson, James. 2018. Stomach Pain After Eating Spicy Food. https://www.livestrong.com/article/286244-stomach-pain-after-eating-spicy-food/ (Diakses pada 6 Oktober 2021)

About The Author

Tumor Hidung: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan, dl

15 Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan (No. 9 Tak Disangka)