Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Potong Rambut

Myles Bannister

Manfaat Potong Rambut: Gaya dan Kesehatan Rambut

Motong rambut secara rutin bertujuan agar rambut tetap tampil stylish sesuai dengan gaya yang diinginkan. Namun, ada manfaat tambahan terkait kesehatan rambut yang sering kali tidak disadari.

Berikut adalah manfaat potong rambut yang penting untuk diketahui:

1. Rambut Terlihat Tebal

Meskipun memotong rambut tidak mampu membuat rambut tumbuh lebih tebal, rambut pendek memberikan kesan terlihat lebih tebal. Hal ini karena rambut pendek memiliki ujung yang tumpul, memberikan kesan rambut yang tebal dan gelap.

2. Rambut Jadi Cepat Panjang

Potong bagian ujung rambut dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Namun, faktor lain seperti hormon, karakter rambut, usia, kesehatan tubuh, dan nutrisi juga mempengaruhinya. Disarankan untuk memotong rambut setiap 1,5 – 2 bulan untuk memaksimalkan manfaat ini.

3. Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut bercabang disebabkan oleh lapisan dalam rambut yang rusak akibat metode tata rambut tertentu. Produk perawatan rambut hanya bisa membantu sebagian, sementara potong rambut secara rutin setiap 8 – 10 minggu bisa mengatasi masalah ini.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Memotong rambut membuat batang rambut menjadi kuat sehingga rambut tidak mudah rontok. Disarankan untuk memotong rambut setidaknya 2 bulan sekali, dan memperhatikan asupan nutrisi yang baik bagi rambut.

5. Mengatasi Rambut Tipis

Potong rambut dapat mencegah rambut menjadi semakin tipis akibat kerontokan. Selain itu, perhatikan juga asupan nutrisi untuk memperlancar pertumbuhan rambut.

6. Merawat Lapisan Rambut

Motong rambut membantu perawatan lapisan pada rambut agar tetap kuat dan sehat.

7. Mencegah Kebotakan Dini

Potong rambut merangsang pertumbuhan rambut di folikel rambut, mencegah kebotakan dini.

Berapa Lama Idealnya Waktu Potong Rambut?

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh faktor genetik, karakter rambut, usia, kesehatan tubuh, dan obat-obatan yang dikonsumsi. Rambut memiliki fase pertumbuhan yang terbagi menjadi anagen, katagen, dan telogen.

Sementara itu, kulit kepala mengandung folikel rambut sebesar 90-95% saat dalam fase anagen dan sekitar 5-10% saat dalam fase telogen. Rambut rontok sebanyak 100-150 helai per harinya.

Penting untuk memotong rambut setiap 3 bulan atau lebih sering jika rambut memiliki kerusakan. Memotong rambut membantu merawat kesehatan dan kekuatan rambut.

Selamat mencoba manfaat potong rambut untuk tampil menawan!

About The Author

Minum Antibiotik saat Hamil, Ini Aturannya agar Kondisi Tetap Aman

Vitamin untuk Tulang dan Otot yang Mencegah Osteoporosis