Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Camilan Sehat di Kantor (Praktis dan Enak)

Myles Bannister

Mengonsumsi camilan bergizi saat bekerja dapat membantu Anda tetap berenergi dan produktif. Namun, menemukan ide untuk camilan yang mudah disiapkan dan sehat terkadang bisa menjadi sesuatu yang sulit. Apa saja camilan sehat untuk di kantor yang bisa Anda coba? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Camilan Sehat yang Bisa Anda Konsumsi saat di Kantor

Banyak orang berpikir bahwa cemilan adalah sesuatu yang tidak sehat dan menjadi penyebab penambahan berat badan. Padahal, camilan dikatakan baik atau buruk tergantung pada camilan yang Anda pilih dan berapa banyak yang Anda makan.

Jika Anda memilih dengan hati-hati dan merencanakan dengan baik, camilan bisa menjadi bagian yang sehat dari diet Anda.

Berikut adalah beberapa camilan sehat untuk di kantor yang baik dikonsumsi setiap hari:

1. Kacang-kacangan dan Buah Kering

Kacang-kacangan dan buah-buahan kering merupakan kudapan sehat dan tidak mudah busuk. Keduanya memiliki keseimbangan yang baik dari ketiga makronutrien (lemak, protein, dan karbohidrat).

Terlebih lagi, keduanya sarat dengan serat yang dapat membantu Anda tetap kenyang di antara waktu makan.

2. Paprika dan Guacamole

Guacamole adalah saus lezat yang terbuat dari alpukat, jeruk nipis, bawang merah, dan daun ketumbar. Saus ini cocok dengan irisan paprika atau sayuran mentah lainnya.

Camilan sehat dan praktis ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga kadar kolesterol darah tetap sehat, yang pada akhirnya mendukung kesehatan jantung.

3. Kacang Buncis Panggang

Buncis panggang adalah camilan yang tinggi protein, serat, beberapa vitamin dan mineral. Dalam 1/2 cangkir (125 gram) buncis terdapat 5 gram serat dan 10 gram protein.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan dengan protein berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang dan membantu penurunan berat badan.

4. Apel dan Selai Kacang

Irisan apel dengan selai kacang alami dapat menjadi cemilan sehat untuk di kantor. Selai kacang mengandung protein dan lemak sehat, sementara apel kaya akan serat dan air.

5. Homemade Granola

Granola yang dibuat sendiri dapat menjadi camilan sehat untuk di kantor. Campurkan rolled oat, biji bunga matahari, cranberry kering, dan kacang mete dalam campuran melted coconut oil dan madu. Panggang campuran tersebut sekitar 40 menit dengan api kecil.

Granola ini kaya karbohidrat kompleks, serat, dan lemak sehat. Serat larut dalam gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Greek Yoghurt

Greek yoghurt plain dan tanpa pemanis adalah camilan sehat praktis dengan kandungan protein yang lebih tinggi daripada yoghurt biasa.

7. Edamame

Edamame adalah camilan yang mengandung protein nabati berkualitas tinggi. Protein di dalamnya dapat membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.

8. Keju Cottage dan Buah

Keju cottage dan buah adalah camilan sehat yang rendah kalori tetapi sarat dengan nutrisi. Keju cottage rendah lemak memiliki protein dan kalsium yang baik untuk tubuh.

9. Telur Rebus

Telur rebus adalah salah satu camilan yang paling mudah disiapkan dan mengandung banyak nutrisi penting.

10. Green Smoothie

Green smoothie dapat dibuat dengan mencampurkan bayam, pisang beku, satu sendok kacang mentega, bubuk protein, dan susu nabati/sapi. Camilan ini memberikan keseimbangan serat, protein, dan lemak sehat.

11. Chia Pudding

Chia pudding bisa dibuat dengan biji chia, susu, vanilla, buah, dan pemanis. Biji chia sangat bergizi dan tinggi asam lemak, serat, zat besi, dan kalsium.

Itulah beberapa pilihan camilan sehat yang dapat Anda konsumsi saat di kantor.

Referensi

  1. Streit, Lizzie. 2019. 33 Healthy Office Snacks to Keep You Energized and Productive. https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-work. (Diakses pada 24 Desember 2021).

About The Author

Inilah Kandungan Gizi Kacang Hijau yang Sangat Menyehatkan

8 Cara Menstabilkan Hormon di Tubuh secara Alami