Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Labu Siam Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat?

Myles Bannister

Manfaat Labu Siam untuk Penderita Asam Urat

Sebuah penelitian oleh pakar kesehatan dari Davao Medical School Foundation menemukan bahwa labu siam dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Pada penelitian menggunakan kelinci, labu siam secara konsisten menurunkan asam urat hingga 25 persen.

Para peneliti menjelaskan bahwa manfaat kesehatan labu siam berasal dari kandungan vitamin, mineral, dan seratnya. Kandungan ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membantu mengeluarkan asam urat, dan mencegah gejala penyakit asam urat.

Selain itu, labu siam termasuk sayuran rendah purin yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat yang ingin menghindari sayuran seperti bayam atau kangkung.

Manfaat Lain dari Labu Siam

Rutin mengonsumsi labu siam juga memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

Mengatasi Masalah Batu Ginjal

Penelitian di University of North Florida menunjukkan bahwa daun labu siam dapat membantu mengobati batu ginjal dan meningkatkan pengendalian tekanan darah.

Kaya Antioksidan

Satu buah labu siam mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan radikal bebas. Konsumsi 100 gram labu siam sehari dapat memenuhi 13 persen kebutuhan harian vitamin C.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan flavonoid dalam labu siam melawan radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan dini dan juga menjaga kesehatan organ dan sistem tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Labu siam rendah kalori dan lemak jenuh, serta kandungan serat tinggi membantu menjaga kadar kolesterol tetap seimbang. Kandungan apigenin dan luteolin di dalamnya juga melawan radikal bebas penyebab penyakit.

Menurunkan Berat Badan

Dalam 100 gram labu siam hanya terdapat 16 kalori dan serat tinggi, menjadikannya pilihan makanan sehat untuk dikonsumsi secara rutin.

Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan vitamin B kompleks dan asam folat dalam labu siam sangat tinggi. Mengonsumsi 100 gram labu siam dapat memenuhi 23 persen asam folat harian yang penting untuk perkembangan bayi dan mencegah cacat lahir.

Jadi, manfaat labu siam yang enak dan sehat ini seharusnya menjadi alasan bagi kita untuk mengonsumsinya secara rutin.

Jadi, manfaat labu siam yang enak dan sehat ini seharusnya menjadi alasan bagi kita untuk mengonsumsinya secara rutin.

About The Author

10 Bahaya Tidur Pagi bagi Kesehatan yang Patut Diwaspadai

Biduran: Gejala, Penyebab, Cara Mengobati, Pencegahan, dll