Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Buah untuk Penderita Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

Myles Bannister

Ada beragam buah yang aman untuk penderita asam lambung. Penderita asam lambung harus memilih makanan dengan hati-hati, termasuk buah. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa buah yang dapat dikonsumsi dengan aman oleh penderita asam lambung. Berikut adalah informasinya!

Apa Itu Penyakit Asam Lambung?

Asam lambung (gastric acid) diproduksi oleh lambung untuk membantu mencerna makanan. Namun, terkadang kadar asam lambung meningkat secara drastis. Kondisi ini disebut juga sebagai refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD diperparah ketika katup lambung tidak dapat menutup dengan sempurna dan memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika hal ini terjadi, Anda akan mengalami gejala seperti nyeri ulu hati (heartburn) dan sakit tenggorokan. Kebanyakan kasus GERD dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang tidak baik.

Buah untuk Penderita Asam Lambung

Jika Anda sudah menderita penyakit asam lambung, pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi menjadi terbatas. Termasuk buah-buahan. Tetapi, masih ada beberapa buah yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Berikut adalah buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi:

Ayo kita bahas satu per satu alasan mengapa buah-buahan ini aman dikonsumsi oleh penderita refluks asam lambung. Bahkan, buah-buahan ini juga dapat menurunkan kadar asam lambung!

1. Pisang

Pisang sangat cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena tingkat keasamannya rendah, sekitar pH 5. Pisang juga mudah dicerna dan kaya nutrisi. Anda dapat mengonsumsinya langsung atau membuat jus segar dari pisang.

2. Melon

Melon juga aman untuk dikonsumsi karena tidak meningkatkan kadar asam lambung. Malah, melon dapat membantu menurunkan asam lambung yang berlebihan. Ini disebabkan karena melon mengandung magnesium, mineral yang sering digunakan dalam obat-obatan untuk mengatasi asam lambung. pH melon hanya sekitar 6,1 yang masih termasuk rendah.

3. Apel

Apel juga mengandung magnesium yang dapat membantu menurunkan kadar asam lambung. Tidak hanya itu, apel juga mengandung nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin A, vitamin B-12, vitamin B-16, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan zat besi.

4. Kelapa

Kelapa juga aman untuk dikonsumsi penderita refluks asam lambung karena memiliki tingkat keasaman yang rendah. Selain itu, konsumsi kelapa juga memiliki berbagai dampak positif bagi tubuh, termasuk menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Kurma

Kurma aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena memiliki tingkat pH yang rendah. Selain tidak meningkatkan asam lambung, kurma juga memiliki manfaat kesehatan seperti menambah energi. Oleh karena itu, kurma sangat disarankan dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi yang hilang.

6. Pepaya

Pepaya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan nyeri ulu hati pada kasus GERD. Ini karena pepaya mengandung enzim papain. Selain itu, pepaya juga memiliki manfaat lain seperti mencegah diabetes, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, asma, dan menjaga kesehatan tulang.

7. Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, blackberry, dan raspberry aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Meskipun memiliki rasa asam, buah beri ini tidak akan meningkatkan produksi asam lambung ketika dikonsumsi. Buah beri kaya dengan zat penting termasuk antioksidan yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit yang berbahaya.

8. Persik

Persik memiliki pH yang rendah dan mengandung magnesium. Selain itu, persik juga merupakan sumber nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

9. Semangka

Semangka mengandung banyak air dan dapat membantu menetralisir asam lambung. Selain itu, semangka juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

10. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang tidak akan meningkatkan kadar asam lambung. Jadi, alpukat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

11. Lemon

Walaupun rasanya asam, air perasan lemon yang dicampur dengan madu dapat membantu menurunkan dan menetralisir asam lambung. Campuran ini dapat menghasilkan efek basa.

Referensi

  1. Anonim. GERD Diet: Makanan yang Membantu dalam Penyakit Asam Lambung (Heartburn). https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/gerd-diet-foods-that-help-with-acid-reflux-heartburn (Diakses pada 7 Agustus 2020)
  2. Anonim. 2019. 11 Makanan yang Membantu Penyakit Asam Lambung, Menurut Ahli Gastroenterologi. https://www.health.com/condition/heartburn/11-foods-that-help-heartburn-according-to-gastroenterologists?slide=34e354e2-725a-4be8-9ac1-dabfab594894#34e354e2-725a-4be8-9ac1-dabfab594894 (Diakses pada 7 Agustus 2020)
  3. Davenport, T. 2019. Buah dengan Kandungan Rendah Asam untuk Penyakit Asam Lambung. https://www.healthcentral.com/slideshow/low-acid-fruits-acid-reflux (Diakses pada 7 Agustus 2020)
  4. Eming, S. 2017. 5 Buah Terbaik untuk Mengatasi Gejala Asam Lambung. https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2017/foods-help-acid-reflux-fd.html (Diakses pada 7 Agustus 2020)
  5. Ponappa, S. 2017. 6 Buah untuk Mengatasi Stres Asam Lambung. https://food.ndtv.com/health/fruits-to-combat-acid-reflux-stress-1704297 (Diakses pada 7 Agustus 2020)
  6. Schulman, J. 2020. Apa yang Harus Diketahui Tentang Asam Lambung yang Tinggi. https://www.healthline.com/health/high-stomach-acid-symptoms (Diakses pada 7 Agustus 2020)

About The Author

10 Manfaat Pijat Refleksi untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tips Membersihkan Organ Intim Bayi dengan Benar (Laki-laki & Perempuan)