Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Lulur: Manfaat dan Tips Menggunakannya

Myles Bannister

Manfaat Lulur

Banyak wanita menggunakan lulur untuk merawat kulit. Penyedian skincare bertujuan menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, dan lulur juga tidak terkecuali.

Apa saja manfaat lulur untuk kulit?

1. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat lulur pertama adalah mengangkat sel kulit mati.

Jika tidak rutin melakukan eksfoliasi, maka sel kulit mati menumpuk dan dapat mengakibatkan masalah kulit seperti hiperpigmentasi atau kekeringan. Akibatnya, kulit menjadi kusam dan kehilangan cahaya.

Sabun biasa hanya membersihkan kotoran pada kulit, namun tidak membantu mengangkat sel kulit mati. Oleh karena itu, penggunaan lulur diperlukan untuk mengangkat sel kulit mati tersebut.

2. Mencerahkan kulit

Lulur juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Penumpukan sel kulit mati menyebabkan kulit menjadi kusam dan tidak bercahaya. Bagian tubuh yang sulit dijangkau seperti ketiak atau selangkangan biasanya tampak lebih gelap dari bagian kulit lainnya.

Lulur yang dapat mengangkat sel kulit mati mampu mencerahkan bagian-bagian kulit ini. Jenis lulur yang dapat mencerahkan kulit antara lain lulur kopi, bengkoang, dan lemon.

3. Melembapkan kulit

Kulit yang lembap adalah tanda kulit yang sehat.

Kulit kering lebih rentan terhadap iritasi dan masalah kulit lainnya. Sementara itu, kulit yang lembap terlihat lebih sehat dan lebih baik menyerap nutrisi dari produk yang diaplikasikan pada kulit.

Beberapa jenis lulur mengandung bahan yang dapat menjaga kelembapan kulit. Jenis lulur yang dapat melembapkan kulit antara lain lulur bengkoang, kopi, zaitun, dan cocoa butter.

4. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Manfaat lulur lainnya adalah menghaluskan dan melembutkan kulit.

Penumpukan sel kulit mati dapat menyebabkan tekstur kulit menjadi kasar. Dengan mengangkat sel kulit mati, maka akan merangsang pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga tekstur kulit terasa lebih halus dan lembut.

5. Mencegah penuaan kulit

Dengan bertambahnya usia, kulit akan mengalami penuaan.

Jika kulit tidak dirawat dengan baik, proses penuaan dapat terjadi lebih cepat. Terutama jika kulit sering terpapar radikal bebas dari polusi, sinar UV, dan sumber lainnya.

Cara mencegah penuaan kulit adalah dengan menggunakan lulur secara rutin. Pilih lulur yang mengandung vitamin E dan antioksidan untuk membantu regenerasi kulit dan melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan.

Jenis lulur yang direkomendasikan untuk mencegah penuaan kulit adalah lulur green tea, lulur madu, lulur alpukat, dan masih banyak lagi.

6. Mengencangkan kulit

Lulur juga dapat membantu mengencangkan kulit.

Di samping nutrisi yang diserap oleh kulit, pijatan saat mengaplikasikan lulur juga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah. Pijatan ini membantu membuat kulit terasa lebih kencang.

7. Relaksasi

Pijatan pada tubuh melancarkan aliran darah dan memberikan rasa relaksasi.

Lulur juga memiliki aroma khas yang cocok untuk relaksasi. Jadi, relaksasi adalah salah satu manfaat menggunakan lulur. Tubuh yang lebih rileks akan terasa lebih sehat, dan tingkat stres dapat berkurang jika luluran rutin dilakukan.

Tips Menggunakan Lulur

Untuk mendapatkan manfaat lulur secara maksimal, perhatikan cara penggunaannya. Menggunakan lulur dengan rutin sangat baik, namun jangan digunakan terlalu berlebihan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menggunakan lulur:

  • Pilih lulur yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jenis lulur untuk kulit normal, kering, dan sensitif mungkin berbeda. Kenali karakteristik dan kebutuhan kulit Anda sebelum memilih lulur.
  • Jika memiliki kulit sensitif atau kering, gunakan lulur yang lebih lembut dan hindari menggosok terlalu keras. Kulit sensitif dan kering rentan terhadap iritasi, dan penggunaan lulur yang kasar dan terlalu lama dapat menyebabkan kemerahan pada kulit.
  • Luluran tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup sekali seminggu. Kulit butuh waktu untuk beregenerasi dan membentuk sel kulit baru, jadi menggunakan lulur terlalu sering dapat melukai kulit dan mengganggu regenerasi kulit.
  • Jika ingin membuat lulur sendiri, pastikan memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Pahami juga cara penggunaan lulur yang benar agar mendapatkan manfaat maksimal.

Itulah manfaat lulur untuk tubuh. Selain mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit, lulur juga memiliki manfaat lainnya. Jika ingin menjaga kecantikan kulit, lakukan perawatan ini secara rutin.

Karakteristik kulit seseorang bisa berubah-ubah. Jika karakteristik kulit berubah, perawatan yang dibutuhkan oleh kulit juga akan berubah. Jadi, selalu pilih perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Karakteristik kulit seseorang bisa berubah-ubah. Jika karakteristik kulit berubah, perawatan yang dibutuhkan oleh kulit juga akan berubah. Jadi, selalu pilih perawatan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

About The Author

Daftar Minuman Sehat di Pagi Hari untuk Ibu Hamil

Sering Haus di Malam Hari? Cek Penyebabnya di Sini