Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

11 Bahaya Buah Bit yang Harus Anda Waspadai

Myles Bannister

Bahaya Buah Bit Jika Terlalu Banyak Dikonsumsi

Sebelum menjelaskan mengenai efek samping buah bit, pada dasarnya buah bit adalah buah yang aman dikonsumsi oleh semua orang. Efek samping yang mudah dikenali adalah membuat urine dan tinja berwarna merah muda atau merah keunguan.

Berikut beberapa bahaya buah bit pada kesehatan Anda:

1. Batu ginjal

Buah bit bisa menyebabkan batu ginjal karena kandungan oksalat di dalamnya. Orang dengan masalah ginjal atau berisiko tinggi terkena batu ginjal sebaiknya menghindari buah bit.

Efek samping buah bit juga bisa meningkatkan konsentrasi oksalat dalam urine sehingga memicu terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat.

2. Kerusakan hati dan pankreas

Konsumsi buah bit berlebihan dapat menyebabkan akumulasi logam seperti zat besi, tembaga, magnesium, dan fosfor di organ hati. Ini berbahaya terutama pada pasien dengan penyakit hemokromatosis atau kelainan genetik karena bisa menyebabkan akumulasi zat besi berlebih di dalam tubuh. Kerusakan hati dan pankreas bisa terjadi akibat efek samping buah bit ini. Meski begitu, konsumsi buah bit dalam jumlah yang tepat bermanfaat bagi mereka yang mengalami defisiensi zat besi dan penyakit radang usus.

3. Penurunan tekanan darah

Bahaya buah bit harus diwaspadai oleh mereka yang memiliki tekanan darah rendah. Jumlah buah bit yang dikonsumsi perlu diperhatikan.

4. Gangguan lambung

Konsumsi buah bit berlebihan bisa menyebabkan masalah lambung seperti kram, kembung, diare, dan muntah pada orang yang sudah memiliki penyakit lambung.

5. Resistensi insulin

100 gram buah bit mengandung 7 gram gula. Buah bit juga memiliki indeks glikemik sedang (64). Semakin tinggi indeks glikemik makanan, semakin besar pengaruhnya terhadap kadar insulin dan gula darah. Konsumsi gula bisa meningkatkan produksi hormon insulin dalam tubuh. Gejala yang terkait dengan resistensi insulin adalah kelaparan, kelelahan, tekanan darah tinggi, dan kabut otak.

6. Perut kembung

Konsumsi buah bit berlebihan bisa menyebabkan perut kembung, kram, sembelit, dan diare pada orang dengan masalah pencernaan.

7. Ruam

Beberapa orang alergi terhadap tanaman umbi-umbian seperti bit. Jarang terjadi, tetapi buah bit bisa menyebabkan iritasi kulit.

8. Demam

Kandungan antioksidan pada buah bit bisa mendetoksifikasi tubuh. Konsumsi buah bit dalam jumlah besar kadang-kadang menyebabkan demam ringan dan gejala mirip flu.

9. Gangguan pita suara

Konsumsi jus bit kental bisa menyebabkan kelumpuhan sementara pita suara. Jika ingin manfaatnya tanpa gangguan pita suara, jus bit bisa dicampur dengan sayuran dan buah-buahan lain.

10. Perubahan warna urine dan feses

Perubahan warna urine menjadi merah muda atau merah tua adalah efek samping yang umum terjadi dan tidak berbahaya. Feses juga bisa mengalami perubahan warna. Jika khawatir, kondisi ini sebaiknya diperiksa oleh dokter.

11. Asam urat

Buah bit bisa memicu asam urat, yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan demam tinggi. Orang dengan gejala asam urat sebaiknya menghindari buah bit.

Selain efek sampingnya, buah bit juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. Konsumsi buah bit dalam jumlah yang tepat dan konsultasikan dengan dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh.

Semua makanan memiliki efek negatif jika dikonsumsi secara berlebih. Konsultasi dengan dokter untuk menghindari efek samping buah bit.

About The Author

Biaya Cabut Gigi dan Hal-hal Lain yang Harus Anda Tahu

Daftar Minuman Sehat di Pagi Hari untuk Ibu Hamil