Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Agar Kulit Wajah Tidak Kering dan Kusam, Lakukan 8 Tips Ini!

Myles Bannister

Kulit wajah yang kering dan kusam dapat mengurangi kepercayaan diri dan membuat seseorang terlihat kurang bercahaya. Di sinilah pembahasan tentang cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam serta rekomendasi perawatan kulit terbaik untuk kulit kering hadir dalam artikel ini.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Kulit adalah lapisan terluar tubuh yang melindungi dari benda asing. Kulit memiliki bulu halus, dan bahkan berminyak untuk pertahanan tubuh. Kulit wajah adalah bagian yang tipis dan sering terpapar sinar matahari, udara kotor, atau debu, sehingga sering terjadi kulit wajah kering dan kusam.

Kulit wajah kering dan kusam adalah masalah kulit yang seringkali terjadi karena kehilangan minyak alami. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan seperti iklim kering, cuaca panas, kebiasaan mandi dengan air panas, atau penggunaan sabun keras.

Jika mengalami masalah kulit kering dan kusam, jangan khawatir karena ada beberapa pilihan perawatan kulit yang bisa dilakukan di rumah. Berikut ini adalah tips mengatasi kulit kering dan kusam:

1. Gunakan Pelembap

Manfaat pelembap adalah membantu menghidrasi kulit dengan menarik air ke dalam kulit dan menjaga kelembapan alami kulit. Pelembap juga melindungi lapisan kulit terluar dan menjaga kulit dari risiko kerusakan seperti flek hitam, kulit kering, dan kusam.

Dianjurkan untuk menggunakan pelembap dua kali sehari setelah cuci muka untuk menciptakan kulit wajah yang lembap, cerah, dan sehat. Pelembap terbaik umumnya mengandung bahan seperti ceramide, hyaluronic acid, gliserin, dimethicone, dan kombinasi minyak alami seperti minyak bunga matahari, minyak squalene, minyak jojoba, almond oil, grapeseed oil, atau tea tree oil yang berfungsi sebagai pelembap alami wajah.

2. Hindari Cuci Muka dengan Air Panas

Salah satu penyebab kulit kering dan kusam yang tidak disadari adalah kebiasaan cuci muka atau mandi dengan air panas. Air panas dapat meluruhkan minyak alami pada kulit yang bertugas menjaga kelembapan kulit tetap seimbang.

Dianjurkan untuk menggunakan air hangat dan tidak cuci muka atau mandi terlalu lama (5-10 menit) agar kulit tidak kehilangan pelembap alami.

3. Penuhi Kebutuhan Antioksidan

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam adalah dengan memenuhi kebutuhan antioksidan, baik dari sumber alami maupun dari penggunaan skincare. Kulit kering dan kusam adalah tanda adanya kerusakan pada kulit yang perlu diperbaiki segera.

Antioksidan adalah senyawa alami yang melindungi sel-sel tubuh (termasuk sel kulit) dari kerusakan. Manfaat antioksidan untuk kulit meliputi melindungi dari paparan sinar UV, menenangkan peradangan kulit, mencegah penuaan dini, serta membantu mencerahkan kulit.

Antioksidan dapat diperoleh dari sumber alami seperti buah dan sayur, seperti apel, tomat, wortel, beri-berian, alpukat, dan beragam sayuran berdaun hijau. Pada produk skincare, bahan aktif seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B3 (niacinamide), ferulic acid, resveratrol, retinol, dan ekstrak botani adalah sumber antioksidan yang kuat untuk kulit.

4. Gunakan Sunscreen

Lindungi kulit wajah dari paparan sinar UV dengan sunscreen minimal SPF 30 agar kulit tidak kering, kusam, gelap, atau terbakar. Sunscreen juga membantu mempertahankan kelembapan kulit serta mengatasi masalah kulit seperti flek hitam dan tanda-tanda penuaan.

5. Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit wajah adalah metode mengelupas sel-sel kulit mati pada lapisan paling luar kulit. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan kulit tampak kusam, gelap, kering, dan bahkan menyumbat pori-pori kulit serta memicu komedo atau jerawat.

Cara mengatasi kulit kusam dan kering adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit maksimal 2-3 kali dalam seminggu. Eksfoliasi kulit dapat membuat tekstur kulit menjadi halus, mengatasi garis halus, melembapkan, serta membuat kulit tampak lebih muda. Namun, jangan terlalu sering karena dapat membuat kulit semakin kering dan iritasi.

6. Gunakan Masker Wajah

Penggunaan masker wajah 1-3 kali seminggu adalah cara mengatasi wajah kusam dan kering. Pilih masker wajah yang mengandung antioksidan, hyaluronic acid, dan kombinasi ekstrak bahan alami untuk membuat kulit wajah lembap dan bercahaya.

7. Hindari Skincare yang Keras

Jangan menggunakan sabun, scrub, atau produk pembersih yang keras karena dapat menghilangkan minyak alami kulit dan memperburuk masalah kulit kering, kusam, atau bahkan iritasi. Gunakan pelembap yang lembut seperti ceramide atau ekstrak esensial yang mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit.

8. Gunakan Face Oil dan Essence

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam adalah dengan menggunakan face oil dan essence secara rutin. Face oil dibuat dari kombinasi minyak alami tumbuhan, minyak esensial, atau ekstrak alami untuk merawat kulit secara menyeluruh. Sementara essence adalah produk perawatan kulit berbasis air untuk menghidrasi, melembapkan, dan mencerahkan kulit wajah.

Salah satu rekomendasi face oil dan essence terbaik adalah produk skincare dari Bio Beauty Lab. Bio Beauty Lab adalah merek skincare kulit lokal yang berdiri sejak tahun 2017. Solusi agar kulit lembap, cantik, dan bercahaya!

Berikut ini adalah rekomendasi face oil dan essence terbaik dari Bio Beauty Lab untuk mengatasi kulit kering dan kusam:

Luxurious Facial Oil Serum

Mengandung bahan aktif seperti squalane oil, evening primrose oil, rosehip seed oil, sea buckthorn oil, sweet almond oil, macadamia oil, geranium essential oil, frankincense essential oil, lemon essential oil, dan vitamin E.

Manfaat Luxurious Facial Oil Serum adalah melembapkan, mencerahkan, menghidrasi, meregenerasi, mengurangi tanda penuaan kulit, serta memperbaiki masalah kulit lainnya dengan efektif. Gunakan Luxurious Facial Oil Serum sebagai tahapan akhir dalam skincare routine dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Phyto Power Essence – Pre Serum

Phyto Power Essence mengandung kombinasi bahan alami seperti phytoliquid ginseng, galactomyces, centella asiatica extract, niacinamide, camellia leaf extract, cotton seed extract, yeast ferment extract, garlic bulb extract, dan allantion.

Fungsi Phyto Power Essence adalah melembapkan, mencerahkan, serta membuat tekstur kulit menjadi halus dan kenyal. Gunakan Phyto Power Essence setelah cuci muka agar kulit dapat lebih menyerap kandungan skincare lanjutan dan skincare bekerja lebih maksimal dan sempurna.

Face oil dan essence dari Bio Beauty Lab mengandung kombinasi bahan alami, vitamin untuk kulit, dan antioksidan yang efektif untuk mengatasi kulit kering, kusam, dan gelap. Selain itu, Bio Beauty Lab juga memiliki produk untuk perawatan kulit berjerawat, yaitu Facial Oil Serum Acne Treatment untuk mencegah jerawat, membersihkan komedo, meregenerasi kulit, mencerahkan, dan menjaga kelembapan kulit.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam beserta rekomendasi skincare terbaik. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit secara teratur agar kulit menjadi bersih, cerah, dan sehat.

Referensi

  1. Burns, Chelsea. 2020. Dull Skin: 7 Causes And Solutions For Getting Your Glow Back. https://www.womenshealthmag.com/beauty/a32415963/dull-skin/. (Diakses pada 15 September 2021).
  2. Dr. Rebecca Lasheve. 2016. 7 Reasons You Should Really Start Using Face Oils. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a36318/face-oils-benefits/. (Diakses pada 15 September 2021).
  3. Lindberg, Sara. 2020. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin. https://www.healthline.com/health/dull-skin. (Diakses pada 15 September 2021).
  4. Mayo Clinic. 2019. Dry skin. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/diagnosis-treatment/drc-20353891. (Diakses pada 15 September 2021).
  5. Palmer, Angela. 2020. How to Use Antioxidants for Skin Health. https://www.verywellhealth.com/antioxidants-for-skin-health-4587778. (Diakses pada 15 September 2021).

About The Author

11 Jenis Buah Warna Merah yang Sehat dan Enak

15 Cara Menumbuhkan Kumis (Alami hingga Medis)