Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Vitamin dan Mineral Terbaik agar Cepat Hamil

Myles Bannister

Asupan zat gizi tertentu dapat meningkatkan peluang kehamilan. Anda bisa memperoleh asupan ini lewat suplemen vitamin dan mineral. Apa saja jenis vitamin dan mineral yang penting dikonsumsi agar cepat hamil?

Jenis Vitamin dan Mineral agar Cepat Hamil

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian mendukung keberhasilan program hamil. Anda bisa memperoleh asupan ini lewat konsumsi suplemen vitamin dan mineral.

Berbagai jenis vitamin dan mineral meningkatkan kesuburan. Kombinasi keduanya memperbaiki kualitas sel telur dan sperma sehingga peluang kehamilan bertambah.

Berikut ini adalah rekomendasi vitamin dan mineral terbaik agar cepat hamil:

1. Vitamin B9

Asam folat atau vitamin B9 penting untuk mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mengurangi risiko cacat lahir. Wanita dianjurkan mencukupi kebutuhan nutrisi ini sebagai persiapan kehamilan.

Asam folat juga baik untuk mendukung program hamil. Pria dengan asam folat harian cukup memiliki 20 persen lebih sedikit sperma abnormal.

2. Vitamin C

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyerap zat besi, dan mendukung produksi progesteron. Wanita dengan kondisi cacat fase luteal atau produksi progesteron yang tidak cukup disarankan mengonsumsi vitamin C agar cepat hamil.

Pada pria, vitamin C meningkatkan kualitas dan pergerakan sperma.

3. Vitamin E

Vitamin E memperbaiki sel-sel yang berkaitan dengan peningkatan kesuburan. Vitamin ini juga berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan kualitas indung telur dan mempersiapkan kondisi tubuh sebelum hamil.

4. Vitamin D

Vitamin D menjaga kesehatan tulang, gigi, otot, dan pengembangan hormon sehat. Wanita dianjurkan mengonsumsi vitamin D agar cepat hamil.

5. Vitamin B

Vitamin B meningkatkan kesuburan dengan membantu indung telur melepaskan sel telur pada ovulasi dan meningkatkan kadar progesteron.

6. Zinc

Zinc memperbaiki kualitas sperma, mendukung pembuahan dan perkembangan embrio. Kadar zinc rendah pada pria dan wanita berpengaruh pada kesuburan.

7. Kolin

Kolin meningkatkan kesuburan dan mendukung kesehatan otak janin serta mencegah risiko cacat lahir.

8. Zat Besi

Zat besi mendukung program hamil dan mengurangi risiko gangguan kesuburan.

9. Coenzyme Q10 (CoQ10)

CoQ10 meningkatkan kualitas telur dan penebalan lapisan rahim wanita.

10. Kalsium

Kalsium menjaga kesehatan tulang, gigi, perkembangan saraf, hati, dan otot janin.

Tips Memilih Vitamin yang Baik agar Cepat Hamil

Suplemen vitamin dan mineral berguna untuk meningkatkan kesuburan dan mempersiapkan tubuh sebelum kehamilan. Namun, pemeriksaan kondisi kesehatan sebelumnya penting. Konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum menggunakan suplemen apa pun.

Pemeriksaan dan konsultasi membantu mengetahui kendala sulit hamil dan menentukan jenis perawatan yang sesuai. Gunakan suplemen 2-3 bulan sebelum program hamil dan ikuti gaya hidup sehat.

Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi suplemen terbaik sesuai kondisi. Semoga bermanfaat!

Referensi

  1. Eagleson, Holly. 2023. What’s the Best Fertility Diet When Trying to Get Pregnant? https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/what-to-eat-to-get-pregnant/. (Diakses pada 28 Juli 2023).
  2. Martinelli, Katherine. 2023. The Best Fertility Vitamins to Help You and Your Partner Conceive. https://www.thebump.com/a/vitamins-you-need-to-conceive. (Diakses pada 28 Juli 2023).
  3. The Healthline Editorial Team. 2018. Here Are 5 Nutrients That Can Help Women Get Pregnant. https://www.healthline.com/health-news/here-are-5-nutrients-that-can-help-women-get-pregnant. (Diakses pada 28 Juli 2023).

About The Author

TBC Usus: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dll

Penyebab dan Cara Mengatasi Diare pada Ibu Hamil