Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan Tubuh

Myles Bannister

Lele adalah salah satu ikan air tawar yang populer di Indonesia. Ikan ini memiliki banyak manfaat. Berikut penjelasan mengenai manfaat ikan lele.

Kandungan Nutrisi Ikan Lele

Ikan lele berasal dari kelas Actinopterygii. Habitat ikan lele umumnya di Amerika Selatan, Eurasia, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, ikan lele umumnya diolah dengan digoreng atau dibakar. Meskipun harganya terjangkau, ikan lele memiliki banyak kandungan nutrisi, termasuk mineral seperti zinc, selenium, potasium, fosfor, magnesium, tembaga, zat besi, mangan, dan kalsium.

Juga terdapat kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin C.

Ada pula kandungan nutrisi lainnya seperti kalori, asam lemak Omega-3, asam lemak Omega-6, dan protein.

*Kadar nutrisi per 143 gr daging ikan lele. Data diambil dari database USFDA. Pembaharuan terakhir dilakukan tahun 1987-2002

Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah manfaat ikan lele yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Ikan lele rendah kalori dan lemak sehingga membatu menjaga berat badan. Cara penyiapan ikan lebih baik dengan dikukus, direbus, sebagai sup, atau dipanggang.

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam lele dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Merawat Kesehatan Organ Tubuh

Asam lemak omega-3 dalam ikan lele memiliki manfaat untuk perkembangan otak janin, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mata, dan merawat organ tubuh lainnya.

4. Mengatasi Peradangan

Ikan lele juga dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh.

5. Mengoptimalkan Fungsi Sistem Saraf

Ikan lele kaya akan vitamin B12 yang bermanfaat untuk memelihara sistem saraf.

6. Membantu Produksi Hormon dan Enzim Tubuh

Kandungan protein dalam ikan lele dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon dan enzim.

7. Membantu Pembentukan dan Perawatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium dalam ikan lele penting untuk pembentukan dan perawatan tulang.

Dengan keterbatasan bukti ilmiah, disarankan untuk mencari makanan dan suplemen bergizi lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Juga penting untuk mengolah ikan lele dengan cara yang tidak mengurangi nutrisinya.

Referensi

  1. Anonim. Health Benefits and Facts of Catfish. https://www.healthbenefitstimes.com/catfish/ (Diakses pada 1 November 2019)
  2. Anonim. Catfish. https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/173714/nutrients (Diakses pada 1 November 2019)
  3. Hjalmarsdottir, F. 2018. 17 Science-Based Benefits of Omega-3 Acids. https://www.healthline.com/nutrition/17-health-benefits-of-omega-3#section2 (Diakses pada 1 November 2019)
  4. Joseph, M. 2019. Catfish 101:Nutrition Facts and Health Benefits. https://www.nutritionadvance.com/catfish-nutrition-benefits/ (Diakses pada 1 November 2019)
  5. Lama, S. 2019. 3 Health Benefits of Catfish That Make It Worth Eating. https://www.livestrong.com/article/445658-health-benefits-of-catfish/ (Diakses pada 1 November 2019)

About The Author

Osteofit: Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

12 Jenis Insomnia dan Cara Mengatasinya